SOLOPOS.COM - Suasana TPR Pantai Parangtritis pada Sabtu (31/12/2016) malam. (Arief Junianto/JIBI/Harian Jogja)

Dinas Perhubungan (Dishub), Bantul melakukan berbagai persiapan jelang libur panjang Natal dan tahun baru 2018

Harianjogja.com, BANTUL-– Dinas Perhubungan (Dishub), Bantul melakukan berbagai persiapan jelang libur panjang Natal dan tahun baru 2018, dengan pengaktifan posko Natal dan Tahun Baru di jalur utama dan alternatif.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Persiapan itu dikatakan oleh kepala Dishub, Bantul Aris Suharyanta meliputi berbagai hal. “Kami menghimbau untuk bis besar tidak melintasi titik-titik rawan seperti Mangunan, Dlingo, karena diprediksi wisatawan juga akan membludak,” ujarnya, Jumat (22/12/2017).

Ekspedisi Mudik 2024

Dirinya mengatakan beberapa tempat wisata yang akan diperhatikan rambu-rambu yang mana perlu ditambah, atau dibetulkan lebih seperti di daerah Mangunan, Parangtritis, Pantai Baru.

Kesiapan lainnya seperti sarana prasarana lalu lintas terutama rambu-rambu petunjuk arah jalur utama dan alternatif, water barrier, traffic cone untuk rekayasa lalu lintas. Selain itu juga dilakukan patroli lalu lintas dan pemantauan/ pemeriksaan Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas (APILL).

“Juga ditugaskan Pemantauan dan pemeliharaan Lampu Penerangan Jalan Umum (LPJU), pemandu rest area dan penanganan parkir, pemantauan dan monitoring lalu lintas, pemandu informasi penumpang serta kendaraan,” ujarnya.

Terkait pasca banjir sendiri untuk akses jalan Imogiri Timur, Imogiri Barat, Parangtritis, Bantul menuju Samas dan Srandakan normal. Hanya saja untuk jembatan Gesikan masih belum dapat dilintasi kendaraan roda 4, jalur dialihkan melelui Sindon dan Simpang Jonggrangan.

Guna menghindari kemacetan di persimpangan Tembi, Manding  dan Bakulan menghimbau ke seluruh wisatawan yang menuju Parangtritis agar tidak mengambil jalur jalan Parangtritis. Dishub Bantul juga telah memasang Rambu Pendahulu Penunjuk Jalan (RPPJ) arah Parangtritis di perempatan Dongkelan dan Perempatan Wojo.

Wisatawan yang datang dari arah Barat dapat masuk dari Parangtritis melewati perempatan Dongkelan ke Selatan melewati jalan Bantul, simpang empat Klodran ke timur melewati Ringroad Bantul Timur dan masuk jalan Parangtritis melewati perempatan Bakulan dari arah Barat.

Sementara itu wisatawan dari arah timur dapat masuk melewati perempatan wojo ke selatan kemudian perempatan Barongan ke barat dan masuk ke jalan Parangtritis melalui perempatan bakulan daria arah timur.

Bupati Bantul, Suharsono mengatakan telah melakukan kordinasi dengan semua pemangku kepentingan. “Semua telah saya kumpulkan kemarin, kordinasi untuk kesiapan Natal dan Tahun Baru 2018 ini,” ujarnya.

Puskesmas dan posko-posko kesehatanpun dikatakan telah siap. Dan Bantul dinyatakan siaga satu menyambut liburan panjang ini, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya