SOLOPOS.COM - Foto Gunung Merapi (JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto)

Harianjogja.com, SLEMAN–Jumlah kunjungan wisatawan di objek wisata Kaliurang, Kecamatan Pakem, Sleman, selama libur Tahun Baru Islam atau 1 Sura 2013 tak seramai hari libur Iduladha, beberapa waktu lalu.

Koordinator hotel di Kaliurang, Heribertus, mengatakan jumlah orang yang menginap pada liburan kali ini tidak seramai pada Iduladha 2013 pada Oktober lalu.

Promosi Pemilu 1955 Dianggap Paling Demokratis, Tentara dan Polisi Punya Partai Politik

“Lebih sedikit jumlah wisatawan yang menginap. Setidaknya kami hanya melayani 50 persen orang yang menginap dan menghabiskan waktu di Kaliurang,” kata Heribertus saat dihubungi Harian Jogja, Selasa (5/11/2013).

Heribertus menambahkan, khusus untuk perayaan Malam 1 Sura, penginapan di Kaliurang justru sepi peminat. Dia mengaku kebanyakan wisatawan memilih berwisata ke sejumlah objek wisata pantai di DIY, seperti ke Pantai Parangtritis dan Parangkusumo di Bantul dan beberapa objek wisata pantai di Gunungkidul.

“Banyak orang menginap di wilayah pantai karena di sana ada acara tradisi 1 Sura. Kalau di Kaliurang memang tidak ada acara tradisi seperti di pantai, makanya sepi,” kata Heribertus.

Jumlah pengunjung yang berlibur ke kawasan wisata Kaliurang juga tidak seramai pada hari libur nasional. Tingkat kunjungan wisatawan hanya seperti libur akhir pekan, Sabtu dan Minggu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya