SOLOPOS.COM - Direktur SIPA, RAy. Irawati Kusumorasri (kiri) memberikan keterangan saat jumpa wartawan di Pendapi Balai Kota Solo, Selasa (29/8/2023). (Solopos.com/R. Bony Eko Wicaksono)

Solopos.com, SOLO–Delegasi dari Korea Selatan dan Malaysia bakal ambil bagian dalam SIPA Mart yang digelar di Loji Gandrung pada 2 September 2023.

Untuk kali pertama, SIPA Mart digelar secara offline yang mempertemukan delegasi luar negeri dan dalam negeri guna membuka promosi seni dan budaya di level internasional.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Direktur SIPA, RAy. Irawati Kusumorasri mengatakan SIPA Mart merupakan rangkaian kegiatan dari Solo International Performing Arts (SIPA) 2023.

SIPA Mart sudah dua kali digelar sejak 2018 secara online. “Ini kali pertama, SIPA Mart digelar secara offline. Nanti diikuti oleh Busan Performing Arts asal Korea Selatan dan Universitas Malaysia Sabah asal Malaysia. Delegasi dalam negeri juga akan berpartisipasi dalam SIPA Mart,” kata dia, Selasa (29/8/2023).

Ira, sapaan akrabnya, SIPA Mart bertujuan mempertemukan buyer dan seller karya seni dan budaya dalam satu lokasi. Sehingga diharapkan bisa membantu promosi karya seni dan budaya di level internasional.

Dia berharap event SIPA 2023 mampu memberikan kontribusi terhadap sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Tanah Air.

“Wisatawan nusantara maupun mancanegara yang menonton pertunjukan SIPA bakal memberikan dampak positif bagi Kota Solo. Perekonomian daerah meningkat, apalagi pelaku UMKM juga dilibatkan dalam pagelaran seni dan budaya,” ujar dia.

Lebih jauh, Ira menyinggung acara penutupan SIPA 2023 bakal dimeriahkan Adicipta Paundrakarna Production yang akan menampilkan karya tari ciptaan GPH Paundrakarna Jiwo Suryonegoro.

Karya tari yang berkelas dan bermutu bakal ditampilkan oleh para penari di panggung. “Kalau tidak ada perubahan jadwal, acara penutupan SIPA 2023 bakal dihadiri Ibu Puan Maharani,” ujar dia.

Sementara itu, perwakilan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Solo, Anis mengatakan event SIPA memperkuat branding Kota Solo sebagai kota budaya.

Agenda tahunan itu merangsang para pelaku seni dan budaya untuk menciptakan karya seni yang memiliki kualitas dan bernilai tinggi.

Dia berharap SIPA 2023 sebagai sarana melestarikan dan mengembangkan seni pertunjukan. “Pemerintah selalu mendukung kegiatan atau event yang membantu branding pariwisata di Kota Solo,” ujar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya