Tutup Iklan

Lezatos! Sambal Tumpang Sorsi Kuliner Andalan di Sragen, Cuma Rp5.000 Hlo

Saat berkunjung ke Kabupaten Sragen jangan sampai melewatkan kuliner legendaris, sambal tumpang sorsi yang murah dan lezat.

 Sambal tumpang sorsi khas Sragen. (Youtube/Dyodoran)

SOLOPOS.COM - Sambal tumpang sorsi khas Sragen. (Youtube/Dyodoran)

Solopos.com, SRAGEN — Saat Anda berkunjung ke Kabupaten Sragen bisa mencoba kuliner legendaris khas yakni sambal tumpang sorsi. Kuliner lezat dan murah ini dapat dijumpai di Pasar Bunder, Megero, Kecamatan Sragen, Sragen.

Warung yang berdiri sejak tahun 1990-an selalu dikunjungi penikmat kuliner di Sragen. Untuk menikmati nasi tumpang yang lezat ini cukup merogoh kocek Rp5.000. Warung ini buka mulai pukul 14.00 WIB dan hingga 00.00 WIB. Namun, untuk menu bubur tumpang biasanya sudah habis pada waktu magrib.

Baca Juga: Pecel Tawangmangu, Kuliner Sehat Kombinasi 11 Sayuran Segar yang Lezat

Pemilik Warung Tumpang Sorsi, Ibu Heru, menyebut menu-menu di warungnya yakni tumpang trancam, tumpang pecel, garangasem, dan soto. Menu yang menjadi favorit  tentu bubur dengan sambal tumpang.

Kuliner tumpang menggunakan tempe semangit atau tempe yang sudah berbau menyengat, santan, cabai, bawang putih, bawang merah dan rempah-rempah lain. Cara penyajian kuliner sambal tumpang sorsi ini menggunakan piring yang dilapisi daun pisang. Untuk lauk di warung ini sudah menyediakan aneka gorengan dan varian satai untuk menemani menyantap nasi tumpang seperti di video akun Youtube Dyodoran berjudul Murah Cuma 5 Ribu Nasi Tumpang Sorsi Sragen, (22/2/2021).

Baca Juga: Gurihnya Camilan Kepelan Khas Pedan Klaten yang Gurih dan Nagih

Kuliner tumpang ini berisi daun pepaya, tauge, dan tahu yang diguyur sambal tumpang yang hangat. Rasa kuliner dari Sragen ini gurih, pedas, dan tempe semangitnya sangat berasa. “Semlidhut lezatos kotos-kotos tambah mbledhos, tekstur dari kuah tumpengnya itu kental, hampir mirip sama kuah pecel cuma dia [sambal tumpang] lebih lembut,” kata pemilik channel Youtube tersebut.

Beberapa netizen pun rindu dengan kuliner Sragen ini setelah melihat video Youtube Dyodoran. “Sambal tumpang sorsi, legend dadi Sragen,” komentar pengguna Youtube, Jetto.

Baca Juga: Becek Kerbau, Kuliner Lezat dan Super Empuk Khas Grobogan

Enak banget itu, arrrgghh jadi pengin pulang ke Sragen,” tulis pengguna Youtube, Niken Rahutami.

Berita Terkait

Berita Terkini

Terapis Gay yang Digerebek di Indekos Solo Ngaku Punya Istri dan Anak

Selama tinggal di rumah kos atau indekosnya, para terapis gay bersama seorang mucikarinya berinisial D menyewa dua kamar.

Saluran Irigasi di Wonosari Klaten Memerah, Polisi Tunggu Hasil Lab

Polisi masih menunggu hasil laboratoriumnya untuk mengetahui apakah ada zat-zat tertentu atau zat berbahaya yang mencemari saluran irigasi itu.

Setelah Pasar Janglot, Giliran 2 Rumah Depan Pasar Galeh Terbakar

Penyebab kebakaran itu belum diketahui secara pasti tetapi satu dari dua unit bangunan rumah rumah itu di Desa Galeh itu ludes dengan kerugian diperkirakan mencapai puluhan juta rupiah.

Kecil-Kecil, Magot Mampu Reduksi 6 Ton Sampah di Makamhaji Kartasura

DLH Sukoharjo mengajak pemerintah desa/kelurahan membudidayakan magot untuk mengurangi volume sampah yang diproduksi masyarakat.

Kebun Warga untuk Pengembangan Ekonomi dan Bantu Cegah Stunting

Warga RW 011 Kelurahan Sangkrah, Kecamatan Pasar Kliwon, Solo, mengelola kebun sayuran di lahan bekas relokasi bantaran Sungai Bengawan Solo. Keberadaan kebun itu membantu mereka yang terdampak secara ekonomi akibat pandemi Covid-19 sekaligus mendukung program kesehatan pencegahan stunting.

Pengumuman! SIPA Hybrid Festival 2021 Pindah Lokasi ke TSTJ Solo

Lokasi penyelenggaraan Solo International Performing Art atau SIPA Hybrid Festival 2021 dipindah dari Mangkunegaran ke TSTJ.

Pemadaman Listrik Solo, Karanganyar, Klaten, Selasa (28/9/2021)

Berikut jadwal pemadaman listrik di Solo, Karanganyar dan Klaten hari ini, Selasa (28/9/2021) yang berlangsung selama tiga, empat dan lima jam.

8 Fakta Terbongkarnya Praktik Prostitusi Gay di Indekos Nusukan Solo

Terbongkarnya praktik prostitusi kaum gay di salah satu rumah indekos wilayah Nusukan, Banjarsari, Solo, mengungkap sejumlah fakta.

Pendampingan Kelompok Rentan HIV/AIDS di Sragen Terhambat PPKM

KPA Sragen mengkoordinasi Dinas Kesehatan dan rumah sakit (RS) untuk mengobati pasien positif HIV/AIDS.

Pelaku Prostitusi Gay Terciduk di Indekos Solo, Sekamar Dipakai Berlima

Para terduga pelaku prostitusi gay di indekos wilayah Nusukan, Solo, menempati dua kamar di mana salah satunya dipakai berlima.

Beasiswa Mahasiswa Berprestasi Wonogiri Batal Dihentikan, Ini Alasannya

Mahasiswa berprestasi penerima beasiswa secara terorganisasi terlibat langsung dalam program yang dijalankan organisasi perangkat daerah (OPD) maupun pemerintah desa.

Gibran Ungkap Alasan di Balik Tes Antigen Guru-Murid SDN Laweyan Solo

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengungkapkan alasan di balik tes antigen mendadak dan acak di SDN Laweyan No 54 Solo.

PTM di SMKN 3 Klaten Tak Terapkan Sistem Sif Pagi-Siang

Sistem pergantian siswa yang mengikuti PTM dilakukan pergantian setiap hari untuk mempermudah proses sterilisasi ruang kelas.

Ini Sederet Keunggulan Colomadu Calon Solo Baru-nya Karanganyar

Ada banyak pertimbangan melatarbelangi rencana menjadikan Colomadu sebagi pusat bisnis, terutama berkaitan dengan akses, fasilitas penunjang, dan sarana transportasi.

Jelang Pengeringan Colo Barat, Petani Selogiri Tak Khawatir

Sebagian besar tanaman padi berpeluang besar tetap bisa panen walaupun tak mendapat irigasi ketika nanti saluran irigasi kering.