SOLOPOS.COM - Suboli Pizza, dijual di ponggir jalan di Boyolali, Selasa (22/6/2021). (Solopos/Bayu Jatmiko Adi)

Solopos.com, BOYOLALI – Di Boyolali, terdapat kuliner khas yakni pizza susu dan dikenal dengan nama Suboli Pizza. Makanan ini biasanya dijual di Jl Pandan Arang, Boyolali, tepatnya di depan Bank Mega, Boyolali.

Pizza Suboli dikembangkan oleh warga Siswodipuran, Boyolali, Farida Sanjaya. Dia berjualan dengan menggunakan mobil. Dagangannya pun diletakkan pada meja yang berada pada bagian belakang mobil.

Promosi Acara Gathering Perkuat Kolaborasi Bank Sampah Binaan Pegadaian di Kota Padang

Agar terlihat pengguna jalan, bagasi belakang mobil sengaja dibuka. Ditambah lagi dengan sebuah banner yang menginformasikan tentang dagangannya. Farida mengaku mengembangkan pizza susu khas Boyolali itu karena kesukaannya terhadap makanan asal Italia tersebut.

Baca Juga: Solusi Atasi Sampah, PLN Beli Listrik dari PLTSa Terbesar Se-Jateng di Solo

“Sempat meraba-raba. Ada beberapa yang saya pelajari saat itu, mulai jahit, make up, masak dan craft. Tapi kan ternyata yang cepat itu kuliner. Kemudian bikinlah pizza dan donat,” kata dia.

Farida mengatakan sudah membuat pizza sudah dimulai sejak 2015 lalu. Namun baru fokus ke merk Suboli Pizza pada 2017 lalu. Dia mengakui produk pizza sudah banyak dijual di pasaran. Untuk itu dia dan suaminya, Iwan Tri Wiyono, berupaya membuat sesuatu yang beda, agar memiliki nilai tambah.

“Untuk itu kami bikin yang beda dengan memanfaatkan potensi yang ada. Di Boyolali ada susu. Setelah diberi susu lebih lembut. Ketika dipanaskan akan lumer lagi. Pizza Susu Boyolali juga bisa dipadukan dengan Keju Indrakila, yang merupakan produk lokal Boyolali,” lanjut dia.

Suboli Pizza pun mulai dipasarkan dengan memanfaatkan sarana Car Free Day (CFD). Bukan hanya di Boyolali, sebelum pandemi Covid-19, Suboli Pizza juga sempat dipasarkan di Klaten, Solo dan Salatiga. Namun karena pandemi Covid-19, CFD di tutup, maka pola penjualan pun dirubah.

“Ya, ada hikmah juga dari Corona. Sebab kami pun kemudian berani berjualan di pinggir jalan, sehingga lebih banyak orang tahu,” jelas dia. Saat ini penjualan Suboli Pizza dilakukan di atas mobil di Jl Pandan Arang, Boyolali. Selain itu juga di rumahnya.

Baca Juga: Pegawainya Terpapar Covid-19, Kantor Imigrasi Madiun Dilockdown

Untuk perencanaan ke depan, pihaknya akan berusaha mengembangkan pasar ke kota-kota besar. “Sebenarnya kami memang harus ekspansi. Boyolali kota kecil, jadi harus ke kota-kota lain agar pasar lebih terbuka. Tapi kondisi saat ini tidak berani. Kuatkan pondasi dulu,” kata dia.

Suboli Pizza dijual dengan harga Rp25.000-Rp35.000 per loyang. Ada isian daging ayam dan sosis. Ada yang dipadukan dengan keju chedar dan ada yang dengan keju mozzarela. Dalam sehari dia mampu menjual 20-30 loyang. Sedangkan pada saat akhir pekan, penjualan bisa lebih dari 30 loyang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya