Gudeg ceker. (Solopos/Bayu Jatmiko Adi)

Solopos.com, SOLO – Suka dengan menu olahan ayam? Lebih suka dagingnya, bagian yang bertulang atau justru ceker atau kaki ayam?

Meski tidak terlalu berdaging, ceker justru sering hadir di berbagai kuliner Solo. Bukan hanya untuk campuran sup, ceker juga hadir dalam beragam menu.

Gudeg ceker

Istilah gudeg ceker tentu sudah tidak asing lagi di Solo. Menu bersantan yang menggugah selera itu cukup mudah ditemukan di Kota Solo.

Solopos.com menjajal gudeg ceker di warung Mbok Tar milik Bu Tarno di kawasan Mojosongo, Jebres, Jumat (10/1/2020). Seporsi gudeg ceker terdiri dari nasi putih, gudeg, sambal goreng krecek serta kuah santan kental.

Tidak lupa, ada ceker yang telah dimasak seperti opor. Ada empat ceker yang ditambahkan pada gudeg ceker tersebut.

Soal rasa, jelas saja lezat sesuai dengan bayangan. Nasi putih yang masih hangat, gudeg yang memiliki cita rata manis dan gurih, ditambah ceker.

Apalagi ceker yang disajikan dimasak sempurna sehingga teksturnya lembut. Tidak perlu susah-susah untuk memisahkan kulit dengan tulang ceker.

“Ceker dimasak empuk agar lebih enak dan tidak mengecewakan,” kata Bu Tarno kepada Solopos.com.

Seporsi gudeg ceker itu dijual dengan harga Rp15.000. Warung gudeg Mbok Tar buka setiap Selasa hingga Sabtu.

“Kalau Minggu kami buka di car free day, kemudian Senin libur,” sambung dia.

Seblak ceker

Selain gudeg, ceker biasanya juga muncul sebagai pelengkap di mi ayam, bakso, dan sebagainya. Ceker juga ditambahkan sebagai varian topping dalam seblak, makanan pedas dari Jawa Barat. Seperti yang disajikan di tenant Seblak Asgar di Solo Grand Mall (SGM).

Dilihat dari daftar menunya, tenant tersebut menawarkan lebih dari 20 item isian seblak dengan harga yang berbeda-beda. Salah satunya adalah seblak ceker.

Seblak ceker. (Solopos/Bayu Jatmiko Adi)
Seblak ceker. (Solopos/Bayu Jatmiko Adi)

“Ada ceker, nanti bisa dicampur isian yang lain,” kata Putri, salah satu karyawan tenant Seblak Asgar kepada Solopos.com.

Jadi dalam satu porsi, pembeli bisa memilih isian sesuai selera. Harga seblak disesuaikan dengan isian yan dipilih. Seporsi seblak dengan tiga isian harganya Rp18.000-Rp21.000. Untuk kuahnya, pembeli juga bisa memilih tingkat kepedasannya.

Semakin tinggi levelnya, semakin pedas pula kuahnya. Menikmati seblak yang pedas ditambah ceker, tentu menjadi sensasi tersendiri.

Di tempat lain, ceker disajikan sebagai makanan pelengkap. Bisa dimasak pedas, dan namanya bisa beraneka ragam. Ada yang menyebutnya dengan menu ceker bledek, ceker pedas, ceker monster dan sebagainya.

Ceker bacem

Di warung-warung wedangan, ceker bacem biasanya ditawarkan bersama kepala ayam bacem. Pembeli juga bisa memesan untuk dibakarkan ceker bacem itu.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten