Lewat Program Desa Tuntas Vaksinasi, Pemkab Klaten Ingin Percepat Herd Immunity

Vaksinasi massal digelar di Balai Desa Karangasem, Kecamatan Cawas, Kabupaten Klaten, Selasa (14/9/2021).

 Kegiatan vaksinasi Covid-19 di Balai Desa Karangasem, Cawas, Klaten. (klatenkab.go.id)

SOLOPOS.COM - Kegiatan vaksinasi Covid-19 di Balai Desa Karangasem, Cawas, Klaten. (klatenkab.go.id)

Solopos.com, KLATEN – Vaksinasi massal digelar di Balai Desa Karangasem, Kecamatan Cawas, Kabupaten Klaten, Selasa (14/9/2021). Kegiatan itu merupakan realisasi program Desa Tuntas Vaksinasi yang dicanangkan Pemkab Klaten.

Bupati Klaten Sri Mulyani terjun langsung memantau kegiatan vaksinasi di Desa Karangasem tersebut. Dalam kegiatan itu, sebanyak 1.500 warga menjadi peserta vaksinasi Covid-19. Bupati berharap program yang dicanangkan pihaknya berjalan dengan baik.

Baca Juga: Tak Ada Tilang di Operasi Patuh Candi 2021 Klaten Tapi…

“Desa Karangasem hari ini saya tuntaskan untuk satu desa selesai vaksin. Melalui vaksinasi ini harapannya masyarakat imunnya semakin baik, dan tentunya herd immunity-nya terbentuk baik,” kata Bupati seperti dilansir klatenkab.go.id.

Bupati Sri Mulyani tak henti-hentinya mengimbau kepada warga untuk menerapkan protokol kesehatan meski sudah divaksin. Prokes itu berupa memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas.

“Semoga dengan program Desa Tuntas Vaksinasi ini nanti seluruh warga masyarakat dijauhkan dari virus Corona. Tak lupa saya berpesan, bapak ibu semuanya yang sudah divaksin, tetap dijaga protokol kesehatannya. Yang paling utama adalah selalau pakai masker, cuci tangan pakai sabun, dan jaga jarak,” tandas Mulyani.

Selain Bupati, Camat Cawas Moh Prihadi juga ikut meninjau pelaksanaan vaksinasi tersebut. Dia mengatakan program Desa Tuntas Vaksin di wilayahnya melibatkan peserta dari desa sekitar. Peserta vaksinasi harus melalui tahap pengecekan untuk menghindari hal tidak diinginkan.

Baca Juga: Biar Tetap Zona Hijau Covid-19, Desa di Klaten Ini Masih Larang Hajatan dan Kumpulan

“Panitia mengundang 1.500 warga masyarakat yang sudah terdaftar. Rinciannya sebanyak 900 orang dari warga Desa Karangasem, dan sisanya dari desa-desa sekitar yaitu Desa Nanggulan, Burikan, Kedung Ampel, dan Mendungan,” katanya.

“Kriteria peserta adalah usia 18 tahun keatas dengan kondisi sehat dan tidak komorbid, serta lolos screening oleh tim medis. Harapannya dengan vaksinasi ini akan meningkatkan imun kekebalan warga masyarakat terkait dengan pandemi Covid-19 ini dan segera selesai,” imbuh Prihadi.


Berita Terkait

Berita Terkini

Rektor ISI Surakarta Mewisuda 278 Mahasiswa pada Gelombang II 2021

Rektor ISI Surakarta, I Nyoman Sukerna, mewisuda 278 orang mahasiswa lulusan program sarjana, magister, dan doktor pada Jumat (15/10/2021).

Minibus Angkut 8 Penumpang Asal Demak Ngglondor di Matesih

Tak kuat menanjak di jalur menuju Candi Sukuh, minibus yang mengangkut rombongan dari Demak ngglondor dan terguling.

Kisah Beras Delanggu yang Kini Tinggal Nama

Beras Delanggu kini tinggal nama brand. Tidak ada petani di Delanggu, Klaten, yang menanam beras raja lele yang dikenal pulen dan enak.

Sayangkan Komentar Rudy Soal Celeng, Dencis: Seharusnya Menyejukkan

Wakil Ketua DPD PDIP Jawa Tengah (Jateng), Denny Nurcahyanto, menilai pernyataan Ketua DPC PDIP Solo, FX Hadi Rudyatmo, memperkerus suasana.

Kata Dencis Soal Sanksi Kader yang Dukung Ganjar Pranowo

Wakil Ketua DPD PDIP Jateng, Denny Nurcahyanto, menyebut pihaknya tak berhak memberikan sanksi bagi kader yang melanggar instruksi partai.

Rem Blong, Mobil 5 Penumpang Nyungsep ke Parit di Tawangmangu

Mobil Honda Mobilio hilang kendali dan nyungsep di parit setelah diduga mengalami rem blong di Tawangmangu. Beruntung, tidak ada korban jiwa.

Dilantik, Asproksi Jateng Komitmen Pasarkan Produk Kesehatan Lokal

Pengurus Asosiasi Produk Kesehatan Indonesia Standar Internasional (Asproksi) Jateng dilantik. Mereka berkomitmen untuk mendukung pemasaran produk kesehatan lokal.

Hari Pangan Sedunia, Perpadi Bagikan Beras Gratis ke Warga Delanggu

DPC Perpadi Klaten membagikan 800 paket beras secara gratis kepada warga terdampak pandemi Covid-19 di Kecamatan Delanggu, Sabtu (16/10/2021) sebagai rangkaian memperingati Hari Pangan Sedunia.

3 Desa di Sukoharjo Gelar Pilkades Antarwaktu, Ini Tahapannya

Ketiga desa yang melaksanakan pilkades antarwaktu yakni Desa Gedangan di Kecamatan Grogol, Desa Trosemi di Gatak, dan Desa Puhgogor di Bendosari.

Geger, Pengunjung Meninggal Saat Belanja di Pasar Jungke Karanganyar

Seorang warga Tasikmadu, Karanganyar, meninggal mendadak saat berbelanja di Pasar Jungke. Korban sempat terjatuh sebelum meninggal dunia.

Sabar Dulu, Pengumuman Hasil Ujian SKD CPNS Sukoharjo Tunggu Ini

Ujian SKD CPNS Sukoharjo sudah selesai dilaksanakan, namun terkait jadwal pengumuman masih menunggu informasi lebih lanjut dari panitia pusat.

Siap-siap! Ada Pemadaman Listrik di Boyolali Hari Ini (16/10/2021)

Berikut jadwal pemadaman listrik di Boyolali hari ini, Sabtu (16/10/2021) yang berlangsung selama lima jam. Ini daerah yang terdampak.

Aturan Baru! Jagong dan Berwisata di Sukoharjo Syaratnya Sudah Vaksin

Pemkab Sukoharjo mensyaratkan wajib sudah divaksin bagi warga yang hendak menggelar dan menghadiri hajatan serta masuk ke tempat wisata.

Pemadaman Listrik Solo Hari Ini (16/10/2021), Daerahmu Terdampak?

Berikut jadwal pemadaman listrik di Solo hari ini, Sabtu (16/10/2021) yang berlangsung selama tiga jam. Daerah mana saja yang terdampak?

Keraton Solo Ditegur Kemendikbud, Gibran: Dirjen Cipta Karya Sudah Cek

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengaku sudah membahas rencana revitalisasi Keraton Solo dengan Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR.