SOLOPOS.COM - UT Surakarta di Jl. Raya Solo-Tawangmangu Km 9,5, Desa Sapen, Kecamatan Mojolaban, Kabupaten Sukoharjo, Jateng. (Solopos.com-Ginanjar Saputra)

Solopos,com, SOLO — Universitas Terbuka (UT) Surakarta merupakan perguruan tinggi negeri yang banyak menjalin kerja sama dengan perguruan tinggi lain di wilayah eks-Keresidenan Surakarta. Kerja sama itu bertujuan untuk saling berbagi ilmu antara UT dengan perguruan tinggi lain.

Direktur UT Surakarta, Yulia Budiwati, menjelaskan kampusnya bahkan tak pelit berbagi ilmu dengan perguruan tinggi lain. UT Surakarta bahkan melayani mahasiswa kampus lain untuk mendalami e-learning atau perkuliahan berbasis teknologi.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

"Ternyata, mayoritas perguruan tinggi belum melaksanakan e-learning. Kalau membangun sistem, mahal. Tidak efektif tidak efisien. Barangkali ada perguruan tinggi di Surakarta ini yang menyelenggarakan e-learning, sementara kami sudah 35 tahun punya pengalaman kami," ungkapnya seusai acara Penguatan Kerja Sama UT Surakarta di The Sunan Hotel, Solo, Jawa Tengah (Jateng), Senin (18/11/2019) siang.

Bukan hanya untuk mahasiswa, kerja sama itu juga bertujuan untuk meningkatkan kualitas dosen antara UT Surakarta dan perguruan tinggi lain.

"Seperti STIKES Nasional kemarin mahasiswa barunya mengambil satu mata kuliah di UT Surakarta yaitu e-learning. Kami juga menginformasikan kepada universitas tersebut bahwa tutornya sebaiknya dosen di situ. Jadi bukan hanya mahasiswanya yang belajar e-learning, tapi dosennya juga," jelas wanita kelahiran Solo, 16 Juli 1963 itu.

Yulia menjelaskan UT Surakarta kini telah menjalin kerja sama dengan STIKES Nasional Surakarta, Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta, Universitas Islam Batik (Uniba) Solo, dan Universitas Widya Dharma (Unwidha) Klaten.

Selain perguruan tinggi, UT Surakarta juga bekerja sama dengan beberapa bank untuk memudahkan mahasiswanya dalam melakukan pembayaran uang kuliah. Yulia menjelaskan, UT Surakarta merupakan kampus yang selalu mendatangi mahasiswanya, bukan mahasiswa yang harus datang ke kampus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya