Lestarikan Budaya, Ratusan Keris Pusaka Dipamerkan di Gedung DPRD Solo

DPRD Kota Solo bersama Paguyuban Sutresna Tosan Aji Nunggak Semi menggelar pameran dan bursa keris di kantor DPRD setempat.

 Ketua DPRD Solo, Budi Prasetyo (ketiga dari kiri) mendampingi Wakil Wali Kota Solo, Teguh Prakosa, melihat-lihat keris saat gelaran Bahana Pusaka Nusantara di Kompleks DPRD Solo, Sabtu (14/5/2022) siang. (Solopos.com/Kurniawan)

SOLOPOS.COM - Ketua DPRD Solo, Budi Prasetyo (ketiga dari kiri) mendampingi Wakil Wali Kota Solo, Teguh Prakosa, melihat-lihat keris saat gelaran Bahana Pusaka Nusantara di Kompleks DPRD Solo, Sabtu (14/5/2022) siang. (Solopos.com/Kurniawan)

Solopos.com, SOLO — DPRD Kota Solo bersama dengan Paguyuban Sutresna Tosan Aji Nunggak Semi menggelar pameran dan bursa keris Sabtu-Minggu (14-15/5/2022). Acara itu digela di Kompleks DPRD Solo.

Acara yang dibuka pada Sabtu pukul 10.30 WIB oleh Wakil Wali Kota Solo, Teguh Prakosa, tersebut juga diisi dengan sarasehan, lelang, serta konsultasi keris. Ada ratusan keris yang dipamerkan dalam acara tersebut.

PromosiSejarah Kecil Kekerasan Militer Belanda pada Era Perang Kemerdekaan

Keris-keris itu dipamerkan di Ruang Rapat paripurna DPRD Solo dan area parkir kendaraan pimpinan DPRD Solo. Ketua DPRD Solo, Budi Prasetyo, mengatakan kegiatan itu bertujuan mengangkat kembali budaya keris.

“Kami ingin mengangkat kembali budaya perkerisan yang ada di Solo yang selama masa pandemi tak ada kegiatan. Kemarin dari teman Nunggak Semi memohon izin untuk ambil tempat di sini,” tutur dia.

Budi berharap kegiatan itu bisa mengakselerasi kebangkitan ekonomi masyarakat Solo setelah dua tahun terpukul pandemi Covid-19. Diharapkan paguyuban-paguyuban lain ikut bergerak dipicu pameran itu.

Baca Juga: Ada Keris Jokowi di Museum Keris Solo, Begini Wujud dan Filosofinya

“Kegiatan ini sebagai salah satu wujud kepedulian mendukung program pemerintah dalam rangka pemulihan ekonomi. Setelah pandemi dua tahun, teman-teman pecinta keris tak bisa bergerak,” sambung dia.

Budi menjelaskan keris yang dipamerkan dalam acara itu lumayan banyak yang masuk kategori pusaka. Seperti keris koleksi Hery Suryo Wibowo yang berjenis keris lurus kinatah dan dhapur Jalak Tilam Sari.

Keris itu bertangguh Ngayogyakarta Hamengku Buwono VIII dan pamor Kinatah Kala Makara. Ada juga keris Luk 11 Tinatah dengan dhapur Nagasinga, pamor Woswutah, serta tangguh Mataram Sultan Agung. Keris yang merupakan koleksi Helmawan itu menggunakan warangka Ladrang Widengan dan Pendhok Cendanawangi Surakarta.

Tak kalah menarik keris Luk 7 Kamaragon dengan dhapur Megantara. Keris yang juga koleksi Hery Suryo Wibowo itu mempunyai pamor Pangawak Waja dengan tangguh Majapahit. “Ada banyak keris yang dipamerkan, termasuk keris-keris pusaka. Banyak yang tertarik,” ungkap Budi.

Baca Juga: Rumdin Bupati Karanganyar Direhabilitasi, Keris Kiai Pamot Dipindah

Wawali Solo, Teguh Prakosa, mengapresiasi kegiatan Bahana Pusaka Nusantara di Kompleks DPRD Solo tersebut. Menurut dia sepanjang kegiatan itu bermanfaat, Kompleks DPRD Solo bisa dimanfaatkan untuk acara apa saja.

Apalagi untuk pameran dan bursa keris yang merupakan warisan budaya luhur bangsa Indonesia dan sudah diakui dunia. “Karena sebelum NKRI berdiri di banyak kerajaan-kerajaan dengan peninggalan budaya luhur,” ujar dia.

Teguh mengaku tidak mengkoleksi keris-keris pusaka, walau dia memiliki keris yang diwariskan dari kakek dan orang tuanya. Keris itu sampai sekarang masih dia simpan dengan baik di rumahnya.

“Dari orang tua saya, dari eyang saya, ada. Tak [saya] bawa, tapi kan sudah tidak perlu dipamerkan lagi. Tapi sebagai orang Solo yang punya budaya Jawa, dekat dengan Keraton ya ironis lah kalau hal ini [keris] tidak punya,” kata dia.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Berita Terkini

Hantu KKN Rumah Kosong Klaten Ternyata Mbah-Mbah

Wujud hantu dalam kisah KKN di Rumah Kosong Klaten adalah mbah-mbah.

Bikin Deg-degan, Damkar Wonogiri Tangkap Ular Sanca di Permukiman Warga

Petugas Damkar Wonogiri membantu warga mengevakuasi ular sanca jenis Pythonidae yang masuk ke pekarangan rumah warga di Pokoh Kidul, Wonogiri, Kabupaten Wonogiri pada Kamis (19/5/2022).

Kenapa Jalan Solo-Boyolali Kerap Terjadi Kecelakaan?

Kira-kira kenapa jalan di Solo-Boyolali kerap terjadi kecelakaan, bahkan ada korban yang meninggal dunia?

Bupati Karanganyar: Pilih Pengurus PGRI yang Rajin!

Bupati Karanganyar, Juliyatmono, meminta Konferensi Kerja tahun ke-2 Kabupaten (Konkerkab) Karanganyar PGRI untuk memilih pengurus yang rajin.

Disdik Kota Solo Izinkan Kantin Sekolah Dibuka, Tapi Ada Syaratnya

Dinas Pendidikan Kota Solo, Jawa Tengah tidak melarang kantin sekolah membuka usahanya selama pembelajaran Tatap Muka (PTM) saat ini.

KPU Sukoharjo Bocorkan Cara Memelihara Data Pemilih, Begini Lo...

Ketua KPU Sukoharjo, Nuril Huda, menyampaikan beberapa cara memutakhirkan atau memperbarui Daftar Pemilih Tetap (DPT), salah satunya untuk mempersiapkan Pemilu 2024.

Simak! Inilah Daftar SMK Negeri di Kabupaten Boyolali

Berikut daftar SMK Negeri yang tersebar di Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.

Pemkab Wonogiri Berniat Hentikan PTM Terbatas, Lo... Kenapa?

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonogiri berniat menghentikan pembelajaran tatap muka terbatas (PTMT).

Catat Gaes, Ini Daftar Lengkap SMA Negeri di Boyolali

Inilah daftar SMA Negeri di Kabupaten Boyolali.

Terbaru! Laka Kereta Kelinci di Andong Boyolali, Begini Kondisi Sopir

Sopir kereta kelinci yang terlibat kecelakaan maut di wilayah Kecamatan Andong, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah pada Rabu (11/5/2022) belum dapat dimintai keterangan karena masih sakit.

Ada Pemeliharaan Jaringan, Cek Pemadaman Listrik di Sukoharjo Hari Ini

Berikut ini jadwal pemeliharaan dan pemadaman listrik yang terjadi di Sukoharjo, Jawa Tengah, pada hari ini, Jumat, 20 Mei 2022.

12 Klub Ponpes Boyolali Unjuk Gigi dalam Liga Santri Piala Kasad 2022

Liga Santri sekaligus menjadi wadah silaturahmi kebangsaan untuk santri di Boyolali.

Prakiraan Cuaca Sukoharjo Hari Ini (20/5/2022): Siang-Malam bakal Hujan

Berikut ini tersaji prakiraan cuaca Sukoharjo hari ini Jumat 20 Mei 2022 secara lengkap.

Prakiraan Cuaca Boyolali Hari Ini (20/5/2022): Potensi Hujan Sore-Malam

Prakiraan cuaca Boyolali hari ini Jumat 20 Mei 2022 bisa  disimak secara lengkap dalam artikel ini.

Prakiraan Cuaca Klaten Hari Jumat Ini: Siang Panas, Sore Hujan Deras

Prakiraan cuaca Klaten hari ini Jumat 20 Mei 2022 disajikan secara lengkap dalam artikel ini.