Tutup Iklan
Lestarikan Bangunan Heritage, Seniman Cat Indaco Percantik Rutan Solo
Sejumlah seniman cat Indaco mengecat lantai Rutan Solo. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO -- Sejumlah seniman cat Indaco percantik gedung Rutan Solo dengan sederet produk andalan PT Indaco Warna Dunia. Hal itu dilakukan demi menjaga kelestarian bangunan yang tak lagi muda itu.

Sejumlah upaya untuk percantik Rutan Solo itu misalnya, seniman cat Indaco mengecat ulang dinding dengan warna putih 845 Envi Cat Tembok. Sebelum dicat, dinding berusia puluhan tahun itu dibersihkan dan dinormalkan lagi daya penyerapan dan ketahanan alkalinya.

"Proses ini memakai produk TOP SEAL Transparant yang harus diencerkan sampai 50 persen terlebih dahulu. Untuk Seniman Cat Indaco ini dikenal dengan istilah SUPER SEALER," kata Marketing Staff PT Indaco Warna Dunia, Dwi Yulianto, kepada Solopos.com, Kamis (7/5/2020).

Proses dilanjutkan ke bagian lantai menjadi yang bagian paling menantang. Sebab, untuk menyajikan kealamian tampilan dan tetap tangguh di luar ruangan tanpa menggunakan keramik perlu aplikasi menggunakan produk yang tepat.

Sebelum itu, seniman cat Indaco melakukan proses perkerasan lantai dahulu. "Setelah itu, lantai mulai diaplikasikan Belazo Bepoxy Clear 1 kali lapis dan cukup menggunakan roll epoxy, Belazo Bepoxy Clear, self leveling & solvent free," ujar dia.

Mbah Minto Sempat Diundang ke Konser Akbar Didi Kempot

Cat epoxy ini bersifat merata dengan baik pada permukaan. Ia akan kering setelah enam jam.

Untuk percantik lantai Rutan Solo, seniman cat Indaco menambahkan pola daun. Pola daun memperkuat nuasa alami bangunan itu. Cat yang dipilih untuk daun pun tak sembarangan.

"Seniman Cat Indaco menggunakan Belazo A.G.E yang memang dapat diaplikasikan pada bidang lantai dengan hasil yang tentunya sudah kilap," terang Dwi.

Produk Ramah Lingkungan

Selanjutnya, untuk melindungi dari cuaca, goresan alas kaki, dan tampil alami, ditambahkan Indaco Multipurpose 2K PU HS Clear. Penggunaannya cukup mudah yakni hanya menggunakan roll.

Untuk bahan kayu pada pintu utama tetap dipertahankan keasliannya. Seniman cat Indaco menggunakan politer air Belazo Woodstain. Hal ini untuk menambah fitur penyamaan warna dan perlindungan terhadap cuaca.

"Pengenceran 50 persen dengan air tetap dapat memberi fungsi tersebut dengan baik," tutur Dwi.

Upaya percantik Rutan Solo oleh seniman cat Indaco juga menyasar jalur pedestrian. Jalur pedestrian dicat ulang menggunakan Belazo A.G.E supaya lebih tahan terhadap cuaca dan tidak mudah kotor.

Kerja 13 Bulan, WNI ABK China Cuma Digaji Rp1,7 Juta

Bagian-bagian berbahan besi juga tak luput dari dari sentuhan seniman cat Indaco untuk percantik Rutan Solo. Mereka menggunakan Indaco Rust Remover untuk menghilangkan karat besi. Produk ini dipilih lantaran ramah lingkungan dan waterbase.

"Setelah itu baru diberi cat dasar antikarat yang tidak mengandung bahan berbahaya seperti Chromate. Maka, sengaja digunakan Envi Cat Dasar Antikarat yang bebas Chromate," urai beber Dwi.

Dwi menjelaskan Indaco terus mengedukasi masyarakat agar memilih produk cat yang ramah lingkungan. Sebab, setiap keputusan dalam memilih bahan dan alat saat ini, akan berdampak terhadap di masa depan untuk anak-cucu.

"Sebagai langkah nyata kita terhadap generasi dan lingkungan di masa datang, yang dilakukan seniman cat Indaco memang layak untuk dicontoh dan didukung," harap Dwi.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya





Kolom

Pasang Baliho