Lepas Jabatan Kacab Perusahaan Finansial, Warga Sragen Ini Pilih Jualan Telur

Mantan Kepala Cabang BCA Multifinance asal Sragen banting setir jualan telur asin dan kerupuk telur asin. Produksinya telah merambah hingga luar daerah.

 Proses pengiriman telur asin usaha Dwi Nurohmad, warga Desa Newung, Kecamatan Sukodono, Sragen. (Istimewa/Dwi Nurohmad)

SOLOPOS.COM - Proses pengiriman telur asin usaha Dwi Nurohmad, warga Desa Newung, Kecamatan Sukodono, Sragen. (Istimewa/Dwi Nurohmad)

Solopos.com, SRAGEN — Warga Desa Newung, Kecamatan Sukodono, Kabupaten Sragen, Dwi Nurohmad, 40, memilih melepas jabatan Kepala Cabang BCA Multifinance di Purwakarta untuk banting setir menjadi penjual telur asin.

Usaha telur asin ini sendiri sudah lebih dulu dirintis istrinya, Dewi Wettig, 39. Dwi keluar dari pekerjaannya pada 2019 lalu untuk fokus membantu istrinya mengembangkan usaha tersebut.

PromosiAngkringan Omah Semar Solo: Spot Nongkrong Unik Punya Menu Wedang Jokowi

“Awalnya pada 2016 mulai ternak bebek bersama istri. Kemudian saya dipindahkantugaskan oleh perusahaan. Kemudian hanya istri yang melanjutkan usaha ternak bebek di rumah. Sempat berhenti berternak sebelum lanjut lagi 2018, istri punya inisiatif untuk bikin telur asin,” terang Dwi pada Solopos.com Rabu (5/10/2022).

Ia melihat peluang bisnis telur asin cukup menjanjikan. Ia pun lantas memutuskan keluar dari pekerjaannya  pada Oktober 2019 meski saat itu kariernya terbilang baik. Ia lebih memilih fokus membesarkan usaha sendiri.

Dwi dan istri berbagi tugas. Istri bertanggung jawab di bagian produksi sementara Dwi menjalankan marketing. Cobaan datang saat pandemi Covid-19 pada 2020 lain menimpa. Penjualan telur asinnya anjlok.

Baca Juga: Inspirasi Bisnis, Minuman Tren di Sragen Beromzet Hingga Rp8 Juta/Hari

“Sempat lockdown saat pandemi kemarin berdampak pada terhambatnya pengiriman telur asin. Padahal telur asin hanya bertahan empat hari sebelum kedaluwarsa. Pengirimannya ke Jabodetabek dan Bandung,” terangnya.

Kerupuk Telur Asin

Ia mengaku pernah uji coba membuat kerupuk telur asin, terinspirasi dari orang Brebes yang ia lihat di Youtube. Di awal-awal, ia menjual tiga kilogram kerupuk telur asin ke saudaranya di Palangkaraya.

kerupuk telur asin
Kerupuk telur asin Moto Sukowati buatan warga Dwi Nurohmad, warga Desa Newung, Kecamatan Sukodono, Sragen, Dwi Nurohmad. (istimewa/Dwi Nurohmad)

“Hasil eksperimen tersebut saya unggah di akun Facebook, ternyata ramai. Sebelumnya, kerupuk telur asin belum dipasarkan secara luas. kemudian awal pandemi tersebut mulailah kerupuk telur asin buatan saya viral,” tambahnya.

Pada awal produksi kerupuk telur asin, dalam sehari Dwi bisa memenuhi 15-60 kg pesanan kerupuk telur asin per hari. Ia juga sempat mempekerjakan 14 tetangganya.

“Di situ perekonomian keluarga saya mulai bangkit, setelah penjualan telur asin mengalami penurunan dan digantikan dengan kerupuk telur asin. Pada 2021 produk kerupuk telur asin lolos untuk masuk minimarket, yaitu Indomaret dan dipasarkan hingga sekarang,” ujarnya.

Baca Juga: Manfaatkan Jaringan TKW, UMKM Jamur Krispi Sragen Tembus Hong Kong

Istri Dwi, Dewi, menambahkan, kini mereka tak lagi berternak bebek. Telur bebek untuk dibuat telur asin dan kerupuk dipasok dari peternak.

Kini, penjualan kerupuk telur asin Dwi sedang menurun karena telah muncul banyak pesaing. Untungnya, bisnis telur asinnya kini kembali merangkak naik. Dalam sebulan ia bisa menjual 100.000 butir telur asin.

Ia menjual telur asin Rp2.500-Rp.3000/butir. Sementara kerupuk telur asinnya dijual Rp14.500 per 250 gram.

Membuat kerupuk telur asin ternyata membutuhkan waktu yang cukup lama, sekitar 20 hari. Dimulai dari membuat telur bebek menjadi telur asin yang memakan waktu 15 hari sebelum diproses menjadi kerupuk.

Kini, karyawan Dwi ada empat orang. Mereka menjual produknya dengan merek Y&H telur asin, dan Moto Sukowati untuk kerupuk telur asinnya.

Baca Juga: Keranjang Mendong dari Sumberlawang ini Tembus Pasar Korut & Singapura

Untuk produk Moto Sukowati tersebut telah memperoleh izin P-IRT pada 2020 serta sertifikasi halal pada 2021 lalu.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Jika Solo Jadi Ibu Kota Provinsi Soloraya, Maka...

      Jika Kota Solo menjadi ibu kota provinsi baru, yaitu Soloraya, sektor perekonomian akan terus bergerak maju yang diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. 

      Ini Keunggulan Desa Conto Wonogiri yang Jadi Desa Wisata Terbaik Jateng 2022

      Desa Conto, Kecamatan Bulukerto, Kabupaten Wonogiri, meraih predikat desa wisata terbaik di Jateng 2022 kategori Sapta Pesona dan Cleanliness, Health, Safety & Environment Sustainability atau CHSE.

      Quick Response 110 Polres Sukoharjo Selamatkan Pemuda yang Nyaris Bunuh Diri

      Percobaan bunuh diri seorang pemuda di tempat indekos wilayah Kartasura berhasil digagalkan setelah rekan korban melapor ke call center 110 Polres Sukoharjo.

      Puluhan Penyandang Disabilitas Boyolali Galang Dana untuk Korban Gempa Cianjur

      Puluhan penyandang disabilitas di lereng Gunung Merbabu menggelar doa bersama sekaligus galang dana bagi korban gempa Cianjur, Jawa Barat.

      Siap-Siap! Lokananta Solo Segera Bertransformasi Jadi Creative & Commercial Hub

      PT Perusahaan Pengelola Aset (PPA) sebagai anggota Holding Danareksa siap mentransformasikan Lokananta Solo menjadi Creative and Commercial Hub.

      Unik! Pemilihan Ketua RT dan RW di Bareng Klaten Dilakukan secara Online

      Pemilihan ketua RT dan RW di RW 004, Kelurahan Bareng, Kecamatan Klaten Tengah, Kabupaten Klaten, pada Minggu (27/11/2022) digelar secara online atau memanfaatkan teknologi informasi.

      Film Pendek, Pidato Inggris dan Arab Sumbang Emas Jateng di Pospenas IX Solo

      Tiga cabang perlombaan yakni film pendek, lomba pidato bahasa Inggris dan bahasa Arab menyumbang medali emas bagi kontingen Jateng di Pospenas IX 2022 di Solo, 23-27 November 2022.

      Granat Unwidha-Pengamen di Klaten Galang Donasi untuk Korban Gempa Cianjur

      Sukarelawan Granat Unwidha Klaten bersama pengamen angklung jalanan Putra Pangestu menggelar aksi penggalangan dana pada Minggu (27/11/2022).

      Pesona Girpasang Klaten, Destinasi Wisata Dataran Tinggi Terbaik Se-Indonesia

      Destinasi wisata Girpasang di Desa Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang meraih Juara I pada kategori dataran tinggi Anugerah Pesona Indonesia (API) Award 2022.

      Harga Sembako di Pasar Sukoharjo Naik Jelang Nataru, Telur Paling Tinggi

      Harga sejumlah bahan kebutuhan pokok atau sembako di pasar tradisional Sukoharjo mulai merangkak naik menjelang libur Natal dan Tahun Baru (Nataru).

      Bantu Korban Gempa Cianjur, Puluhan Seniman Reog Ponorogo Pentas di CFD Solo

      Puluhan seniman Reog Ponorogo mengadakan pementasan dan aksi galang dana di CFD Jl Slamet Riyadi Solo untuk bantu korban gempa Cianjur, Jawa Barat.

      Gelar Pesta Nikah di Pura Mangkunegaran Solo, Kaesang dan Erina Catat Sejarah

      Kaesang Pangarep dan Erina Gudono akan mencatat sejarah sebagai pasangan pertama di luar kerabat keluarga Mangkunegaran yang menggelar pesta nikah di Pura Mangkunegaran Solo.

      Tujuh Sukarelawan Karanganyar Bantu Evakuasi Korban Gempa di Cianjur

      Mereka yang berangkat ke daerah bencana adalah sukarelawan pilihan. Dimana memiliki keahlian dalam penanganan kebencanaan.

      Wah, 10 Kereta Kencana Disiapkan untuk Kirab Pernikahan Kaesang-Erina di Solo

      Menteri BUMN Erick Thohir menjelaskan akan ada kirab 9-10 kereta kencana dari Loji Gandrung menuju lokasi pesta pernikahan Kaesang-Erina di Pura Mangkunegaran Solo.

      Upacara Adang Sego, Simbol Raja Keraton Solo yang Mengayomi Rakyatnya

      Upacara adang sego merupakan tradisi keraton kasunanan yang digelar tiap delapan tahun sekali.

      Bertabur Hadiah, Lapak BKD Boyolali di CFD Diserbu Warga

      Pembukaan lapak pembayaran PBB di CFD Boyolali merupakan salah satu intensifikasi dan menarik perhatian wajib pajak.