Kebakaran Hutan Amazon. (Reuters)

Solopos.com, BRASILIA – Bintang Hollywood, Leonardo Dicaprio dituding mendanai aksi yang menyebabkan kebakaran hutan Amazon di Brasil. Tudingan tersebut disampaikan Presiden Brasil, Jair Bolsonaro.

Sayangnya, tudingan tersebut disampaikan tanpa bukti yang kuat. Jair Bolsonaro agaknya menyampaikan tudingan tersebut guna mengomentari unggahan di media sosial yang menyebut organisasi lingkungan seperti World Wildlife Fund (WWF) membayar gambar dari sukarelawan pemadam kebakaran.

Gambar itu kemudian dipakai untuk meminta pemadaman, restorasi hutan, termasuk sumbangan senilai US$500.000 dari Leonardo Dicaprio.

“Leonardo Dicaprio pria yang keren bukan? Memberikan uang untuk membakar hutan Amazon,” kata Jair Bolsonaro dalam sabutan singkat di kediamannya seperti dikutip dari Reuters, Sabtu (30/11/2019).

Kabar tersebut dibantah oleh Leonardo Dicaprio dan WWF. Leonardo Dicaprio justru memuji pihak Brasil yang bekerja keras menyelamatkan kekayaan alam tersebut.

Bintang film Titanic itu memang selalu vokal soal masalah iklim. Dia sangat getol berbicara masalah lingkungan, termasuk kebakaran hutan Amazon.

Maklum saja, Leonardo Dicaprio punya yayasan yang fokus melindungi alam, Leonardo Dicaprio Foundation. Yayasan yang juga melindungi satwa liar dari kepunahan itu merupakan bagian dari Earth Alliance.

Diberitakan Solopos.com sebelumnya, kebakaran hutan Amazon pada Agustus 2019 lalu menjadi tragedi yang mengerikan. Presiden Brasil, Jair Bolsonaro, dituding menjadi biang kerok dari kebakaran hutan tersebut.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten