SOLOPOS.COM - Protipe lensa Leica (petapixel)

Lensa kamera menjadi bagian penting untuk mengabadikan peristiwa. Kali ini terdapat lensa langka yang berharga miliaran rupiah.

Solopos.com, SOLO – Sebuah perusahaan bernama Apo-Telyt Line membuat sebuah lensa prototipe langka untuk kamera Leica bersistem R. Lensa tersebut dijual di Ebay dengan harga yang fantastis yakni US$230.000 atau sekitar Rp2,9 miliar (US$ 1 = Rp12.635).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Lensa tersebut adalah Leica R 600mm f/5 Apo-Telyt. Lensa ini dijual oleh sebuah perusahaan yang berbasis di Austria bernama Photo Arsenal Worlwide. Perusahaan tersebut mengkonfirmasi, Leica R 600mm f/5 Apo-Telyt tidak diproduksi massal.

Lensa itu bernomor seri 172-0001. Nomor seri tersebut menegaskan Leica R 600mm f/5 Apo-Telyt sama persis dengan lensa yang dilelang di sebuah balai lelang kamera bernama Stan Tamarkin Rare Camera Auctions. Saat itu, lensa tersebut terjual seharga US$ 70.000.

“Lensa ini sangatlah langka, sampai-sampai tak pernah muncul dalam literatur atau dokumen manapun di internet,” tulis si pelelang seperti dilansirPetapixel, Rabu (28/1/2015).

Namun, lensa seberat lebih dari 5 kg ini ternyata bukan lensa termahal yang pernah dibuat Apo-Telyt Line. Perusahaan tersebut juga pernah membuat lensa Leica lain yang harganya jauh lebih mahal.

Lensa itu bernama Leica 1600mm f/5,6 yang terjual dengan harga lebih dari US$2 juta. Pembelinya adalah seorang pangeran asal Qatar bernama Saud bin Muhammed Al Thani.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya