SOLOPOS.COM - Ilustrasi laptop Lenovo (topnews.com)

Ilustrasi laptop Lenovo (topnews.com)

JAKARTA– PT Lenovo Indonesia pada tahun ini akan fokus menggarap pasar UKM untuk menggenjot penjualan produk PC mereka.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Country Lead Small Medium Business PT Lenovo Indonesia Irene Santosa mengatakan pada kuartal IV/2012, berdasarkan data IDC, Lenovo memiliki pangsa pasar PC UKM sebesar 14,9% atau meningkat 20% y-o-y dari periode yang sama tahun sebelumnya.

Meski enggan menyebutkan target pangsa pasar PC UKM pada tahun ini, Irene memproyeksikan kontribusi penjualan segmen komersial PC Lenovo akan seimbang antara perusahaan dan UKM. Saat ini, penjualan PC segmen konsumer Lenovo menyumbang 60% terhadap penjualan, sementara segmen komersial menyumbang 40%.

Berdasarkan hasil riset Access Market International (AMI) pada tahun lau belanja personal computer (PC) yakni desktop dan notebook oleh Usaha Kecil Menengah (UKM) di Indonesia mencapai US$913 juta.

Adapun pada tahun lalu, penetrasi PC di pasar UKM Indonesia masih 27%, atau sekitar 700.000 UKM yang sudah menggunakan PC untuk kebutuhan usaha mereka, sementara total UKM yang ada di Indonesia mencapai 2,62 juta.

Senior Vice President Strategic Accounts AMI John Rezac mengatakan hasil tersebut menunjukkan potensi pertumbuhan penetrasi PC untuk UKM di Indonesia pada tahun ini cukup besar. Meski demikian, Rezac enggan menyebutkan potensi nilai belanja PC oleh UKM di Indonesia pada tahun ini.

Adapun, dari hasil riset yang dilakukan di lima negara berkembang tersebut, Indonesia merupakan dua negara dengan penetrasi PC terendah untuk UKM. Riset AMI dilakukan di lima negara yakni Brazil, Meksiko, India, dan Indonesia serta melibatkan 1.654 manajer teknologi dan informasi (TI), pembuat keputusan teknis yakni CEO, dan mitra bisnis di pasar UKM kelima negara.

“Pasar UKM Indonesia cukup unik karena baru mulai berkembang. Potensi yang besar untuk vendor PC,” kata Rezac seusai acara Lenovo Media Briefing Survei UKM AMI, Selasa (26/2/2013).

Irene menjelaskan beberapa strategi yang akan ditempuh perusahaan untuk meningkatkan penjualan yakni bekerja sama dengan praktisi seperti asosiasi, dan membangun kesadaran UKM terhadap merek.

“Untuk meningkatkan kesadaran terhadap merek kami meluncurkan microsite Lenovo SMB Center yang menyediakan tempat untuk berdiskusi dan memberikan informasi mengenai produk terbaru Lenovo yang dapat membantu UKM. Selain itu, kami juga menyiapkan line up desktop PC ThinkCenter serta notebook seri V, B, dan ThinkPad Edge untuk UKM,” pungkas Irene.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya