SOLOPOS.COM - Ilustrasi Ramadan. (Istimewa)

Solopos.com, BOYOLALI — Puasa Ramadan 1443 Hijriah atau tahun 2022 Masehi ditetapkan dimulai Minggu (3/4/2022) oleh Pemerintah RI. Ketetapan tersebut disampaikan oleh Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas sebagai hasil Sidang Isbat Awal Ramadan 1443 H.

“Dari 101 titik, semua melaporkan tidak melihat hilal. Berdasarkan hasil hisab dan laporan rukyatul hilal, secara mufakat menetapkan bahwa 1 Ramadan jatuh pada hari Ahad, 3 April 2022 Masehi,” tegas Menag di Jakarta, Jumat (1/4/2022), dikutip dari laman kemenag.go.id.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Sebagai panduan dalam menjalankan ibadah puasa, Kementerian Agama mengeluarkan jadwal imsakiyah yang berlaku selama Bulan Ramadan ini. Berikut jadwal imsakiyah untuk Kabupaten Boyolali:

jadwal imsakiyah boyolali
Jadwal Imsakiyah Boyolali 2022 (Istimewa)

Agar puasa lebih berkah, perlu diniatkan dengan tulus. Doa dibacakan pada awal dan akhir puasa untuk menunjukkan dan menegaskan niat puasa. Seperti dikutip  bisnis.com dari Islam City, bacaan doa yang diucapkan saat sahur terdapat dua versi, yaitu:

Doa di Awal Puasa 1

Wa bisawmi ghadinn nawaiytu min shahri ramadan. Artinya: “Saya niat puasa untuk besok di bulan Ramadan.”

Doa di Awal Puasa 2

Nawaitu sauma ghadin anadai fardu shahri ramadhana hazihissanati lillahitaala. Artinya: “Saya niat puasa wajib besok di bulan Ramadhan tahun ini karena Allah.”

Sedangkan bacaan doa yang diucapkan saat berbuka puasa, ialah: Allahumma inni laka sumtu wa bika aamantu wa alayka tawakkaltu wa ala rizq-ika-aftartu

Artinya: “Ya Allah! Aku berpuasa karena-Mu dan aku beriman kepada-Mu dan aku bertawakal kepada-Mu dan aku berbuka dengan rizki-Mu.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya