SOLOPOS.COM - Ilustrasi air lemon (Shape.com)

Solopos.com, SOLO -- Akhir-akhir ini, dalam aplikasi whatsapp beredar pesan berisi lemon panas bisa membunuh sel kanker. Tak hanya itu, lemon panas juga diklaim menjadi obat ampuh menangkal virus Corona (Covid-19).

Dalam pesan itu disebut CEO Rumah Sakit Militer Beijing, Profesor Chen Horin mengatakan irisan lemon dalam segelas air hangat bisa menyelamatkan hidup.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Imbas Corona, RSUD Wonogiri Hapus Jam Besuk

Ekspedisi Mudik 2024

"Jadi, apa pun yang Anda lakukan, lihat pesan ini dan bagikan kepada orang lain," begitu isi pesan yang beredar di grup-grup whatsapp.

Profesor Chen Horin juga menjelaskan cara mengolah lemon untuk membunuh sel kanker. Caranya, potong lemon menjadi tiga bagian dan masukkan ke dalam gelas. Lalu, tuangkan air panas dan ubah menjadi (air alkali) dan minumlah setiap hari.

Diduga Pakai Narkoba, Vanessa Angel & Suami Ditangkap Polisi

"Ini pasti akan menguntungkan semua orang. Perawatan dengan ekstrak ini hanya menghancurkan sel-sel ganas dan tidak mempengaruhi sel-sehat sehat," bunyi pesan yang ditulis oleh mahasiswa Fakultas Ilmu Kedokteran Universitas Zanjan, Laila Ahmad.

Dikutip dari Kominfo.go.id, informasi lemon panas bisa membunuh sel kanker masuk ke dalam kategori hoaks. Sebab, klaim itu tidak didukung dengan bukti medis yang kredibel.

Masa Darurat Corona Diperpanjang hingga 91 Hari

"Ini adalah isu lama yang beredar kembali dan dikaitkan dengan wabah virus Corona atau Covid-19. WHO menyatakan belum ada bukti bahwa obat saat ini dapat menyembuhkan Covid-19," tulis redaksi Kominfo.go.id, seperti dikutip Solopos.com, Selasa (17/3/2020).

Waspada Virus Corona, 10.000 Umat Hindu Tetap Nyepi di Prambanan

Kominfo juga mengutip pernyataan Direktur Integrated Bioclinical Research Centre di Abidjan, Henry Chenal, sebagaimana dilansir Factcheck.afp.com. Henry mengatakan mengkonsumsi vitamin C dalam jumlah tinggi tidak pernah terbukti efektif melawan virus Corona.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya