Lembaga Adminsitrasi Negara Dorong Semarang Benahi Pelayanan Publik
Kepala Lembaga Administrasi Negara (LAN) Adi Suryanto. (makarti.lan.go.id)

Lembaga Adminsitrasi Negara menganggap perlu peningkatan pelayanan publik di Kota Semarang.

Solopos.com, SEMARANG — Lembaga Administrasi Negara (LAN) mendorong Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang, Jawa Tengah (Jateng), melakukan pembenahan pelayanan publik seiring dengan kian tingginya tuntutan masyarakat.

"Sekarang ini, perkembangan kebutuhan dan permintaan masyarakat cepat sekali. Butuh pemerintahan yang responsif, tanggap, lebih pintar, dan cerdas," kata Kepala LAN Adi Suryanto di Semarang, Selasa (20/12/2016).

Hal itu diungkapkannya seusai penanda tanganan nota kesepahaman (MoU) antara Pemkot Semarang dan LAN mengenai inovasi sektor publik yang berlangsung di Gedung PDAM Tirta Moedal Semarang. Adi menjelaskan bahwa kerja sama dengan Pemkot Semarang itu guna mewujudkan komitmen mengembangkan inovasi sektor publik yang makin baik, terutama mengenai pelayanan kepada masyarakat.

"Perbaikan internal manajemen pemerintahan juga dituntut makin efektif dan efisien karena sekarang ini perkembangan masyarakat sangat cepat, tuntutan masyarakat juga demikian," katanya. Namun, lanjut dia, perubahan di sektor pemerintahan, terutama pelayanan publik, tidak bisa berlaku secara parsial hanya di lini-lini tertentu, tetapi semua unit dan lini bersama melakukan perubahan.

Maka dari itu, kata dia, melalui kerja sama itu kedua belah pihak bisa bersama-sama mendiskusikan permasalahan dan tantangan untuk dibedah dan dikembangkan sebagai desain inovasi yang baru. "Kami punya beberapa tenaga yang akan diperbantukan di sini untuk melakukan asistensi untuk melakukan perubahan tadi. Diharapkan setelah ini, [Pemkot Semarang] bisa berjalan sendiri," katanya.

Menurut dia, sebuah gagasan perubahan akan efektif jika berasal dari pimpinan sehingga kehadiran Wali Kota Semarang dan jajaran pimpinan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) patut diapresiasi. "Kalau pimpinan mau berubah, punya komitmen yang sama terhadap perubahan, akan berjalan mudah. Dari atas ke bawah lebih efektif daripada dari bawah usul ke atas. Itu lebih sulit," katanya.

Adi berharap beberapa pemerintah daerah di Indonesia, seperti Semarang, Surabaya, dan Tangerang, pada masa mendatang  mampu menjadi contoh perubahan atau inovasi dalam pelayanan publik bagi daerah-daerah yang lainnya.

Sementara itu, Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi mengapresiasi kesediaan LAN untuk membantu Pemkot Semarang untuk mempersiapkan PNS-nya memiliki daya kreasi dan inovasi dalam melayani publik. "Kami akan selalu berkoordinasi dengan LAN agar standar Semarang tidak tertinggal dari kota lain. Syukur-syukur Semarang bisa jadi destinasi bagi lainnya yang mau meniru terobosan yang dilakukan," katanya.

Yang jelas, kata Hendi--sapaan akrabnya--tuntutan masyarakat sekarang ini kian cerdas dan pintar sehingga pemerintah perlu responsif dalam melayani publik secara cepat, tepat, dan nyaman.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

 



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya



Kolom