Tutup Iklan

Lemari Pakaian Membuat Ruangan Sempit? Begini Tips Mengatasinya

Gunakan perabot lain yang lebih minimalis sehingga tidak memakan tempat. Bila permasalahannya bukan pada lemari pakaian, kurangi jumlah pakaian.

 Ilustrasi menata lemari pakaian (freepik)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi menata lemari pakaian (freepik)

Solopos.com, SOLO – Sebagai tempat untuk menaruh pakaian supaya tidak kotor karena debu, lemari pakaian adalah salah satu perabot yang sangat penting di rumah. Kamu yang tinggal di rumah minimalis, lemari pakaian akan membuat ruangan kamar terasa sempit.

Kamu bisa menggunakan perabot lain yang lebih minimalis sehingga tidak memakan tempat yang terlalu luas. Tetapi, bila permasalahannya bukan pada perabot, bisa jadi jumlah pakaian yang terlalu banyak sehingga harus mengurangi pakaian. Yuk simak aja tips berikut ini:

Baca Juga: Rooftop Rumahmu Biasa Saja? Percantik dengan Cara Ini

1. Gantungan pakaian
Rak pakaian merupakan cara yang simpel untuk menciptakan ruang tapi tidak terlalu banyak menghabiskan tempat. Benda satu ini dapat digunakan untuk menggantung berbagai jenis busana mulai dari blouse, kemeja, jaket, celana, bahkan tas. Selain itu, menyimpan pakaian dengan cara menggantungnya di rak juga lebih efisien. Artinya, tidak perlu menghabiskan waktu lebih untuk melipat pakaian. Kamu bisa membeli tambahan aksesori seperti cover pakaian untuk mencegah kain terkena debu.

2. Kombinasi rak dan gantungan pakaian
Kombinasi rak dan gantungan pakaian bisa membuat tempat penyimpanan baju terlihat lebih rapi. Gunakan gantungan untuk menaruh pakaian yang memang harus digantung seperti gaun, kemeja atau baju luaran. Sementara rak sebagai penyimpan kain yang perlu dilipat misalnya t-shirt, underwear atau kaus kaki. Tidak hanya pakaian, rak juga bisa difungsikan sebagai tempat menaruh sepatu, tas, atau aksesori lainnya.

3. Laci
Laci bisa jadi pilihan jika kamu tetap menginginkan tempat penyimpanan pakaian yang tertutup, tapi juga menghemat ruang. Pilih laci dengan bentuk geometris yang simpel, tanpa aksen rumit pada sudut-sudutnya. Bagian atas laci bisa kamu fungsikan sebagai meja untuk menaruh benda-benda lainnya. Misalnya cermin, makeup, skincare atau aksesori berukuran kecil.

Pilih Bentuk Geometris

4. Kotak penyimpanan
Untuk lebih menghemat tempat, kamu bisa menggunakan kotak atau keranjang dengan berbagai ukuran lalu menempatkannya di bawah tempat tidur. Pastikan ada ruang yang cukup untuk menempatkan kotak-kotak tersebut sehingga kamu mudah menarik kotak keluar saat akan memakai baju.

Selain itu yang tak kalah penting adalah jaga selalu kebersihan di bawah tempat tidur. Gunakan vacuum cleaner atau sapu untuk membersihkan bawah tempat tidur secara berkala. Agar terhindar dari debu, pilih kotak penyimpanan yang dilengkapi dengan tutup.

Baca Juga: 7 Cara Mempercantik Halaman Rumah Supaya Terlihat Sumringah

5. Lemari pakaian portable
Lemari portable juga bisa dijadikan alternatif menyimpan pakaian yang hemat tempat. Bentuk lemari terbuat dari parasut atau nilon ini biasanya kotak atau persegi panjang dan hadir dalam berbagai ukuran yang bisa disesuaikan dengan ruangan.
Kamu bisa menempatkan baju hingga sepatu di dalam lemari portable ini. Namun ada satu kekurangannya, yakni cenderung tidak tahan lama, apabila diberi beban yang terlalu berat. Jadi kamu harus bisa menyesuaikan dengan kapasitasnya.

6. Jadikan aksen untuk mempercantik ruangan
Jika koleksi pakaian tidak terlalu banyak, kamu bisa menempatkannya di gantungan berdesain estetik. Pilih gantungan dengan palet netral yang masuk ke semua warna pakaian. Gantungan pakaian bisa ditempatkan secara menyebar di dalam ruangan. Baik itu sudut kamar, belakang tempat tidur atau dekat pajangan dinding.

7. Kotak tumpuk
Kamu bisa menggunakan beberapa kotak yang bisa ditata dengan cara ditumpuk tapi tetap rapi. Selain menjaga pakaian terkena debu, metode stacking ini juga dapat menghemat tempat secara signifikan. Hanya, mungkin sedikit merepotkan jika ingin mengeluarkan pakaian, karena harus mengangkat kotak satu per satu apabila baju yang akan kamu kenakan berada di kotak paling bawah. Tapi jika bisa menghemat ruang di rumah minimalis, tentu kerepotan itu sepadan.


Berita Terkait

Espos Plus

Pembahasan RUU PDP Belum Rampung, Kominfo Fokus Sosialisasi dan Edukasi

+ PLUS Pembahasan RUU PDP Belum Rampung, Kominfo Fokus Sosialisasi dan Edukasi

Progres terbaru dari pembahasan RUU PDP adalah pembahasan format lembaga pengawas yang akan bertanggung jawab menangani perkara perlindungan data pribadi hingga kini belum final.

Berita Terkini

Doa Supaya Tidak Mudah Lupa dan Kuat Ingatan dalam Islam

Berikut ini terdapat doa supaya tidak mudah lupa dan kuat dalam ingatan menurut ajaran Islam. Dibaca setelah salat wajib 5 waktu ya!

Bagaimana Cara Mengatasi Nyeri Lutut, Dipijat?

Bagaimana sih cara mengatasi nyeri lutut yang dialami oleh seseorang, apakah diperbolehkan dipijat? Yuk cari tahu di sini!

Punya Rekan Kerja Toxic? Jangan Buru-Buru Resign, Lakukan Ini Dulu

Nah, agar kamu terhindar dari dampak buruk akibat memiliki rekan kerja yang toxic, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghadapinya.

Berikut Ini Manfaat Peanut Ball Untuk Proses Persalinan

Manfaat peanut ball untuk proses persalinan ibu hamil bisa jadi belum begitu familier di Indonesia.

Lakukan Ini Setelah Mengalami Kekerasan Seksual

Ketahui langkah apa saja yang harus Anda lakukan setelah mengalami kekerasan seksual.

5 Tempat Wisata di Indonesia Ini Cocok untuk Bulan Madu

Di masa pandemi, melakukan bulan madu tak perlu pergi ke luar negeri, karena banyak tempat wisata di Indonesia tak kalah keren.

Ini Syarat Mendapatkan Vaksin Booster Gratis dari Pemerintah

Ada sejumlah syarat untuk mendapatkan vaksin booster Covid-19 gratis dari pemerintah.

Sering Salah Kaprah, Ini Bedanya Vaksin Booster dan Vaksin Dosis Ketiga

Tapi, menjelang pelaksanaannya ternyata masih banyak orang yang salah kaprah antara perbedaan vaksin dosis 3 dan booster.

WHO Tidak Sarankan Terapi Plasma Konvalesen untuk Pasien Covid-19

Terapi plasma konvalesen merupakan prosedur di mana plasma darah diberikan pada pasienCovid-19 dengan harapan antibodi dari pasien pulih itu bisa membantu melawan infeksi.

9 Aplikasi Presensi Android dan Web Terbaik di Indonesia

Beragam aplikasi tersedia untuk absensi karyawan yang juga bisa mengolah data sehingga pengontrolan aktivitas karyawan terpantau.

Terkuak! 2 Jenis Vaksin Ini Paling Ampuh untuk Dosis Ketiga

Berdasarkan penelitian ada dua jenis vaksin yang dinilai paling ampuh untuk vaksin dosis ketiga.

+ PLUS Menuai Berkah Abu Vulkanik di Balik Musibah Erupsi Gunung Berapi

Di balik musibah erupsi gunung berapi, ada berkah yang bisa diambil berupa manfaat abu vulkanik bagi kesuburan tanah.

Orang Terinfeksi Varian Omicron Cenderung Tunjukkan Gejala Ringan

Kepala Institut Nasional Penyakit Menular,  Takaji Wakita, memperingatkan agar tidak membuat penilaian tergesa-gesa mengenai risiko orang yang terinfeksi varian omicron mengembangkan gejala parah.

Begini Cara Menghadapi Banjir Agar Tidak Tertular Penyakit

Jika Anda tinggal di daerah rawan banjir, sebaiknya ketahui cara menghadapi bencana alam ini.

Banyak yang Bilang Mirip, Apa Sih Beda Tongseng dan Tengkleng?

Adakah yang tahu perbedaan antara dua kuliner lezat dan penuh cita rasa dari kambing, tengkleng dengan tongseng?