Lelang Kelar, Bangunan Pasar Legi Solo Dirobohkan Bulan Depan

 Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLOPOS.COM - Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO — Bangunan induk Pasar Legi Solo yang terbakar pada 29 Oktober 2018 lalu dipastikan akan dibongkar pada 12 Juni mendatang. Hal itu menyusul telah selesainya proses lelang bekas bangunan pasar tersebut, Rabu (22/5/2019) lalu.

Kepala Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Solo, Subagiyo, mengatakan pembangunan kembali Pasar Legi diperkirakan bakal dimulai Oktober tahun ini.

“Proses lelang [pembongkaran] sudah selesai. Dari penawaran Rp95,1 juta yang diajukan pemkot, ada satu pemenang lelang yang menawar di angka Rp110 juta. Pemenang tersebut rencananya mulai bekerja pada awal Juni,” kata dia kepada wartawan, Sabtu (25/5/2019).

Subagiyo menyebut pembongkaran dilakukan selama kurang lebih 40 hari. Ada tiga tahap pembongkaran dan diperkirakan pada pertengahan Juli, bangunan Pasar Legi rata tanah.

Setelah itu, baru dilakukan persiapan rencana pembangunan kembali Pasar Legi. Pembongkaran bangunan induk yang terbakar menjadi tanggung jawab Pemkot, sementara pembangunan pasar kewenangan penuh pemerintah pusat, yakni Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Ciptakarya.

“Pembangunan Pasar Legi termasuk satu dari sembilan pasar yang anggaran pembangunannya menggunakan dana dari Kementerian PUPR,” jelasnya.

Konsep pembangunan Pasar Legi rencananya terdiri dari tiga lantai, yakni basement, semi-basement, dan lantai satu. Basement digunakan untuk parkir, semi-basement untuk pedagang, dan lantai satu digunakan pedagang oprokan. Konsepnya pasar ramah lingkungan.


Berita Terkait

Berita Terkini

Penggunaan Sumur Sibel Tak Terkendali, Dispertan PP: Tak Ada Larangan

Dispertan PP Karanganyar menyebut tidak ada regulasi yang mengatur pengunaan sumur submersibel atau sibel di kalangan petani.

Ahok Dukung Adik Iparnya yang Pacaran di Mobil Patroli Ditindak Tegas

Ahok mendukung Polri menindak tegas adik iparnya, Bripda Bagas yang menyalahgunakan mobil patroli jalan raya untuk pacaran.

Pemeran dan Pacar Video Mesum Lele 13 Detik Minta Maaf

Pemeran video mesum viral Lele 13 detik meminta maaf lewat akun YouTube karena membuat kegaduhan di media sosial.

Wuling Formo S Diperkenalkan, Harga Rp150 Jutaan

Wuling Formo S diperkenalkan dan dibanderol dengan harga Rp150 Jutaan.

Prediksi Skor & Susunan Pemain Arsenal vs Aston Villa

Duel Arsenal melawan Aston Villa menjadi laga pembuka pekan kesembilan Liga Premier Inggris. Pertandingan ini akan dilangsungkan di Emirates Stadium, Sabtu (23/10/2021).

Penggunaan Sumur Sibel oleh Petani Jaten Tak Terkendali, Ini Bahayanya

Jumlah petani di Jaten, Karanganyar, yang menggunakan air sumur submersibel (sibel) dinilai terlalu banyak sehingga mengancam ketersediaan air tanah.

Pos Polisi Angker Disulap Jadi Warung Pecel Lele, Horor Gak Ya?

Pos polisi yang angker di Jombang, Jawa Timur, disulap menjadi warung pecel lele.

Polisi Selidiki Keaslian Pelat RFS di Mobil Rachel Vennya

Di sejumlah media sosial seperti Tiktok dan Twitter, tak sedikit warganet membahas soal keaslian pelat RFS di mobil Rachel Vennya.

Operasi Pangan Murah dan Gratis Digelar di Masjid Al Falah Sragen

Operasi Pangan Murah dan Gratis ini digelar di Masjid Raya Al Falah Sragen untuk meringankan beban masyarakat setelah dihantam pandemi Covid-19 selama lebih dari satu tahun.

Duh! Aksi Pemotor Onani di Jalan Kembali Terjadi di Pekalongan

Aksi pemotor yang melakukan onani di jalan di Kota Pekalongan, Jawa Tengah (Jateng) kembali terjadi.

4 Mahasiswa UNS Ciptakan Membran Oksigenasi Baru untuk Pasien Covid-19

Penelitian mahasiswa UNS mengenai material membran ECMO berangkat dari fenomena pandemi Covid-19 yang sudah terjadi di Indonesia selama lebih dari satu tahun.

Sempat Viral, Oknum Polantas Pacaran Naik Mobil PJR Adik Ipar Ahok

Di medsos beredar narasi bahwa anggota Polantas pacaran naik mobil PCR itu berani melakukan pelanggaran karena iparnya seorang pejabat.

Duh, Masih Ada Ponpes di Sragen yang Emoh Ikut Vaksinasi, Ini Alasannya

Bupati Sragen meminta bantuan Polres dan Kodim untuk melakukan pendekatan kepada ponpes yang emoh ikut vaksinasi.

Main Sore Ini, Berikut 6 Wakil Indonesia di Perempatfinal Denmark Open

Sebanyak enam wakil Indonesia berhasil memastikan diri lolos ke babak perempatfinal Denmark Open 2021.

Rachel Vennya Naik Mobil dengan Pelat RFS, Begini Respons Warganet

Mobil berpelat RFS  yang dinaiki Rachel Vennya seusai menjalani pemeriksaan di Polda Metro Jaya rupanya menarik perhatian warganet.