SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Antara)

Lelang jabatan Sekda Gunungkidul mulai masuk tahap tes kompetensi

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL – Sebelas kandidat Sekretaris Daerah Gunungkidul akan melakukan uji kompetensi. Rencanya tes akan dilakukan di Kantor Badan Kepegawaian Nasional (BKN) Regional DIY mulai hari ini, Selasa (11/10/2016) hingga Kamis (13/10/2016) besok.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kepala Bidang Mutasi Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Gunungkidul, yang juga anggota Sekretariat Panitia Seleksi Sekda Arif Kuncahyo mengatakan, untuk mendapatkan tiga kandidat yang akan diserahkan ke Bupati, panitia seleksi (pansel) akan melakukan sejumlah tes.

Setelah para peserta dinyatakan lolos seleksi administrasi persyaratan, selanjutnya calon sekda akan melakukan tes uji kompetensi. “Undangan sudah kami berikan masing-masing calon. Tes ini akan dilakukan tiga hari, mulai besok [hari ini] hingga Kamis [13/10] di kantor BKN DIY,” kata Arif kepada wartawan, Senin (10/10/2016).

Dia menjelaskan, meski uji kompetensi masuk dalam tahapan penyaringan, namun tes ini tidak dilakukan oleh pansel. Sebab, tes itu akan dilakukan oleh asesor dari BKN.

Anggota pansel baru melakukan ujian saat penyampaian visi misi yang telah dilampirkan saat penyerahan berkas pendaftaran beberapa waktu lalu. “Hasil tes kompetensi ini nantinya menjadi salah satu pertimbangan untuk menjadi sekda definitif” katanya.

Sesuai dengan jadwal yang ditentukan pansel, rencananya seleksi sekda akan berakhir di bulan ini. Dari sebelas nama yang mendaftar, akan disaring menjadi tiga nama untuk kemudian diserahkan ke bupati. “Mudah-mudahan semua berjalan lancar dan di akhir bulan nanti sudah mendapatkan tiga kandidat untuk dipilih jadi sekda,” imbuh Arif.

Sementara itu, Asisten III Bidang Administrasi Umum Sekretariat Daerah Gunungkidul Anik Indarwati membenarkan, para pelamar sekda akan menjalani tes uji kompetensi selama tiga hari.

Hanya saja, untuk pelaksanaan tes itu, ia mengaku tidak melakukan persiapan khusus, karena akan mengikuti seleksi sesuai dengan tahapan yang ada. “Kalau persiapan biasa saja dan saya akan ikuti semuanya sampai tes berakhir,” kata Anik.

Hal senada diungkapkan oleh Staf Ahli Bupati Gunungkidul Siwi Iriyanti. Sebagai salah satu kandidat sekda yang mendaftar, ia akan mengkuti semua tahapan dalam seleksi, termasuk di dalamnya tes uji kompetensi selama tiga hari.

Dia menjelaskan, dalam tes uji kompetesnsi akan diisi dengan diskusi hingga tes psikologi dan psikometri. “Pokoknya dijalani saja dan tak ada persiapan yang khusus,” katanya saat dihubungi kemarin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya