SOLOPOS.COM - Lelang jabatan eselon I Kemenkeu, Jumat (28/11/2014). (Rachman/JIBI/Bisnis)

Lelang jabatan untuk 8 jabatan di lingkungan Pemda DIY akan diperebutkan 47 peserta

Harianjogja.com, JOGJA – Sebanyak 47 Pegawai Negeri Sipil di lingkungan DIY akan bersaing memperebutkan delapan jabatan di Pemda DIY yang kosong. Dari jumlah itu tak satupun kandidat berasal dari kalangan Akademisi.

Promosi Banjir Kiper Asing Liga 1 Menjepit Potensi Lokal

Berdasarkan data yang dihimpun Harianjogja.com, selama periode pendaftaran yang dibuka sejak 1-21 Maret 2016 terdapat 51 pendaftar yang ingin mengikuti lelang jabatan pertama di DIY ini.

Empat diantaranya gugur berdasarkan seleksi administrasi tiga diantaranya karena alasan tidak mendapatkan persetujuan dari pejabat pembina kepegawaian sementara satu kandidat melebihi batas usia yang ditetapkan.

Sebanyak 47 kandidat yang lolos seleksi administrasi itu berasal dari berbagai satuan tugas baik dari lingkungan Pemda DIY, pemerintah kota hingga pegawai kementerian. Namun target BKD untuk menjaring akademisi dalam lelang jabatan ini tak terwujud karena tak satupun akademisi yang lolos seleksi administrasi.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) DIY Agus Supriyanto Kamis (31/3/2016) mengatakan seluruh kandidat yang lolos seleksi administrasi selanjutnya akan mengikuti sederetan seleksi lanjutan. Rabu (30/3/2016) kemarin para kandidat sudah menjalani uji kompetensi dan kemarin mereka mengikuti pembagian kelompok untuk assesment.

“Selanjutnya ada tes psikologi dan kesehatan dan membuat makalah,” kata Agus.

Ditargetkan pertengahan April mendatang BKD sudah akan menerima kandidat yang akan mengisi delapan posisi di delapan kelembagaan. Jabatan yang akan diisi sesuai UU Nomor 5/2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN) adalah Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Dinas Koperasi, Usaha Mikro Kecil dan Menengah, Kepala Dinas Pertanahan dan Tata Ruang.

Selain itu jabatan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Kepala Biro Administrasi Perekonomian dan Sumber Daya Alam serta Wakil Kepala Dinas Kebudayaan juga akan diisi melalui lelang jabatan kali ini.

Terpisah, Sekretariat Daerah DIY Ichsanuri mengatakan sebelumnya mereka merencanakan akan menggelar lelang jabatan ulang bila jumlah pendaftarnya terlalu sedikit. Namun jumlah pendaftar kali ini dinilai ideal dan cukup sehingga proses lelang jabatan akan terus berlanjut sesuai jadwal yang sudah disusun.

“Biasanya memang kalau akhir-akhir baru banyak yang memasukkan berkas,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya