SOLOPOS.COM - Ilustrasi kursi jabatan (JIBI/Solopos/Dok.)

Lelalng Gunungkidul, untuk jabatan sekda masih ayak Mendapat Kesempatan untuk Maju Sekda Definitif

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL — Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Gunungkidul mendesak agar Kepala Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Supartono diberi kesempatan mendaftar sebagai Sekretaris Daerah definitif. Desakan ini muncul sebagai apresiasi atas kinerjanya sebagai Pejabat Sekda sejak November tahun lalu.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

(Baca Juga : LELANG JABATAN SEKDA : Bupati Gunungkidul Siap Beri Restu ke Pejabat yang Ingin Maju)

Salah satu desakan disuarakan oleh Ketua Fraksi Demokrat DPRD Gunungkidul, Eko Rustanto. Menurut dia, Supartono layak mendapatkan kesempatan, meski dari sisi persyaratan baru sekali menduduki jabatan kepala dinas. Pertimbangan untuk memberikan kesempatan tidak lepas dari tugas ganda yang dipegang selama kurun waktu satu tahun terakhir sebagai Pejabat Sekda dan Kepala DPPKAD.

“Meski rangkap jabatan, dia [Supartono] bisa bekerja dengan baik. Untuk buktinya sudah banyak mulai dari opini WTP, Lakip mendapat nilai B yang tak lepas dari peran Supartono selaku Pejabat Sekda,” kata Eko kepada Harianjogja.com, Rabu (21/9/2016).

Eko pun berpendapat, dari sisi aturan, persyaratan untuk menduduki jabatan kepala dinas di dua instansi berbeda tertuang dalam Peraturan Menteri. Hanya saja, kata dia, hal tersebut menjadi hal yang bisa diperdebatkan. Pasalnya, proses perpindahan posisi jabatan menjadi hal yang penuh penafsiran. Ia menyakini, seorang pejabat yang memiliki prestasi baik maka jarang akan pindah-pindah posisi.

“Ini yang jadi perdebatan juga. Jadi saya kira, ada baiknya aturan tersebut dihilangkan sehingga persaingan bisa lebih terbuka. Toh dari sisi kepangkatan dan golongan, para kepala dinas ini juga hampir sama” katanya.

Dengan menimbang beberapa aspek, maka Eko pun menyimpulkan bahwa Supartono layak mendapat kesempatan untuk maju.

“Jadi pejabat sekda saja bisa, masak untuk maju menjadi sekda tidak. Lha dulu waktu proses pengisian saat akan menjadi pejabat, syarat yang digunakan seperti apa,” ungkap Wakil Ketua DPC Demokrat Gunungkidul ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya