SOLOPOS.COM - Ilustrasi kursi jabatan (JIBI/Solopos/Dok.)

Lelang Gunungkidul berupa jabatan Sekda, baru empat orang yang mendaftar.

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL  – Pejabat di lingkup Pemerintah Kabupaten Gunungkidul masih malu-malu untuk berpartisipasi dalam lelang Sekretaris Daerah Gunungkidul. Pasalanya dari sembilan pejabat yang lolos secara administrasi, baru empat orang yang mengambil formulir pendaftaran.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Saat dikonfirmasi, Kamis (22/9/2016), Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Gunungkidul Azman Latif membenarkan jika dirinya memenuhi persyaratan untuk maju sebagai sekda. Hanya saja, ia mengaku tidak tertarik dengan posisi tersebut dengan dalih ingin fokus terhadap tugas-tugasnya sekaran.

“Insya Allah, saya tidak akan daftar,” katanya sambil tertawa.

Ekspedisi Mudik 2024

(Baca Juga : LELANG GUNUNGKIDUL : Supartono Panen Dukungan)

Hal tak jauh beda diungkapkan oleh Asisten Bidang Administrasi Umum Anik Indarwati. Dia berdalih masih sibuk dengan tugas-tugas yang diemban saat ini, namun pada saatnya nanti dirinya mengaku akan ikut dalam kompetisi tersebut.

“Sekarang masih repot, jadi belum bisa mengambil formulir,” ungkap Anik.

Catatan Harianjogja.com, jika mengacu persyaratan telah menduduki dua jabatan tertinggi di instasi berbeda maka calonnya bisa lebih banyak. Nama-nama seperti Kepala Dinas Kesehatan Agus Prihastoro, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Saryanto, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Eko Subiyantoro bisa masuk. Namun dikarenakan batas usia, ketiga orang ini tidak bisa mengikuti proses lelang pengisian sekda.

Kepala Disdukcapil Gunungkidul membenarkan jika dirinya tidak bisa ikut dalam lelang pengisian sekda. Ia berdalih, persyaratan yang tidak dipenuhi bukan lantaran jabatan di dua instansi berbeda, namun lebih dikarenkan batas usia pencalonan.

“Saya terganjal persyaratan dua tahun sebelum pensiun saat mendaftar, jadi tidak bisa ikut,” kata Eko.

Sementara itu, Anggota Sekretariat Panitia Seleksi yang juga Kepala Badan Kepegawaian Daerah Gunungkidul Sigit Purwanto mengakui hingga satu minggu masa pendaftaran, belum ada satu pun pejabat yang mendaftar. Diakuinya untuk saat ini, baru ada empat pejabat di lingkup pemkab yang mengambil formulir untuk pendaftaran.

“Memang yang ambil lima orang. rinciannya empat dari lingkup pemkab, sedang satunya merupakan pejabat dari Pemerintah DIY atas nama Retno Setijowati selaku Sekretaris KPU DIY,” kata Sigit.

Menurut dia, belum adanya pejabat yang mendaftar bukan menjadi soal. Ini lantaran pendaftaran berlansung hingga 4 Oktober mendatang. “Mungkin pejabat yang berminat masih mempersiapkan pembuatan makalah visi misi. Jadi ditunggu saja sampai batas waktu penutupan,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya