Anda bisa mencari berdasar kategori
atau judul berita
Masukan kata kunci

Lekukan Garis Pantai Jawa Tengah Hasil Pertemuan Sesar Mendatar

Lekukan Garis Pantai Jawa Tengah Hasil Pertemuan Sesar Mendatar
user
Kamis, 30 Juni 2022 - 21:21 WIB
share
SOLOPOS.COM - Sejumlah warga berjalan menghindari gelombang air laut di Pesisir pantai Utara, Pekalongan, Jawa Tengah, Senin (23/5/2022). Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Pekalongan menghimbau warga sekitar pesisir pantai Utara Pekalongan untuk waspada dengan adanya gelombang laut setinggi sekitar 1-3 meter dan dapat menyebabkan banjir rob. ANTARA FOTO/Harviyan Perdana Putra/rwa.

Solopos.com, SEMARANG — Garis Pantai Utara dan Selatan Jawa Tengah menyempit masuk lebih ke dalam membentuk lekukan (indentasi) dibandingkan dengan garis Pantai Utara dan Selatan Jawa Barat dan Jawa Timur diduga merupakan hasil pertemuan sepasang sesar mendatar besar yang saling berlawanan arah.

Peneliti kemudian berburu data geologi yang meliputi data gaya berat, geologi permukaan, citra satelit, dan seismik yang didukung analisis struktur dan tektonik regional. Hasilnya, menggiring pada pendapat bahwa sepasang sesar mendatar besar yang saling berlawanan arah dan gerak pergeserannya telah berperan penting atas pembentukan gejala geologi ini.

Solopos Stories
Rekomendasi
Berita Lainnya

Koran Solopos


Berita Populer

Dapatkan akses tak terbatas
Part of Solopos.com
ISSN BRIN