SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solo (Solopos.com) – Kalangan legislator di Solo mempertanyakan lamanya proses pencairan dana bantuan pemakaman untuk keluarga miskin (Gakin) khususnya yang melampirkan kartu Pemeliharaan Kesehatan Masyarakat Solo (PKMS) gold.

Dibandingkan pencairan dana bantuan pemakaman yang melampirkan kartu Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas) yang hanya butuh waktu dua pekan, warga yang melampirkan PKMS gold butuh waktu hingga tiga bulan. Perbedaan waktu yang sangat menyolok tersebut akhirnya menjadi pertanyaan banyak warga.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Salah seorang anggota DPRD Solo, Hartanti, mengatakan menerima beberapa laporan dari masyarakat mengenai lambannya pencairan dana bantuan pemakaman. ”Akhir-akhir ini saya menerima banyak laporan dari warga mengenai lambannya pencairan dana bantuan pemakaman bagi Gakin. Terus terang saya tidak bisa menjawab karena saya tidak tahu persoalan di balik lambannya pencairan dana bantuan itu,” ujarnya akhir pekan lalu.

Hartanti menambahkan warga mengeluhkan pencairan dana bantuan pemakaman yang sangat lama khususnya bagi mereka yang hanya melampirkan kartu PKMS gold. ”Kenapa yang melampirkan PKMS gold pencairannya lama sementara yang melampirkan Jamkesmas justru lebih cepat. Harusnya kan semua itu membutuhkan waktu pencairan yang sama. Ataupun kalau berbeda, pencairan Jamkesmas yang merupakan program pemerintah pusat lebih lama dong,” tukasnya,

Ditambahkannya, tujuan program pemberian bantuan pemakaman bagi Gakin supaya bisa meringankan beban mereka dari tingginya biaya pemakaman. Sebaliknya apabila pencairan dana bantuan pemakaman sangat lama maka tujuan program tidak bisa berjalan maksimal. ”Dana bantuan pemakaman itu kan untuk membantu Gakin. Kalau pencairannya lama akan menjadi sia-sia,” ujarnya.

Hartanti meminta, Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) bisa lebih mempercepat proses pencairan dana bantuan pemakaman untuk Gakin. ”Kami tidak tahu persoalan yang dihadapi Dinsos apa. Namun yang jelas kondisi seperti ini kami harapkan segera diperbaiki,” ujarnya.

Anggota Komisi IV DPRD Kota Solo, Reny Widyawati, mengaku tidak tahu kendala yang dihadapi Dinsosnakertrans hingga membuat pencairan dana bantuan lambat. ”Mestinya Dinsos bisa memberikan keterangan. Mungkin pencairan serentak menjadi kendala. Tapi ya saya kurang begitu tahu, Dinsos dalam hal ini yang harusnya bisa memberi jawaban,” tuturnya.

aps

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya