SOLOPOS.COM - Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar akrab disapa Cak Imin. (Detik.com-dok.PKB)

Solopos.com, WONOGIRI—Tiga anggota DPRD Wonogiri dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) diwajibkan menggelar deklarasi dukungan untuk Ketua Umum DPP PKB, Muhaimin Iskandar atau Cak Imin, maju sebagai calon presiden pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

Ketua DPC PKB Wonogiri, Mat Nawir, kepada Solopos.com, Selasa (8/2/2022), menyampaikan PKB sudah menyiapkan diri untuk menyongsong Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Ketua Umum DPP PKB bakal turut meramaikan bursa capres. Jajaran pengurus partai hingga tingkat daerah harus mendukung.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Oleh karena itu, DPP PKB mewajibkan legislator PKB menggelar deklarasi dukungan untuk Muhaimin Iskandar. DPC PKB Wonogiri menindaklanjuti instruksi itu dengan meminta tiga anggota DPRD Wonogiri segera melaksanakannya pada Februari ini.

Baca Juga: Terpilih Jadi Ketua DPC PKB Wonogiri, Mat Nawir Mengaku Kaget

“Setiap anggota DPRD Wonogiri wajib menggelar dua kali deklarasi dukungan di dua lokasi berbeda di dapil [daerah pemilihan] masing-masing. Sasarannya komunitas atau kelompok warga, seperti nelayan, petani, penghobi ikan, atau komunitas lainnya. Peserta kegiatan tidak harus konstituen, tetapi boleh masyarakat umum,” kata mantan komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wonogiri itu saat dihubungi Solopos.com.

Mat Nawir menginformasikan, tiga legislator PKB, meliputi Sunarno dari dapil III, Suparmo dari dapil IV, dan Abdullah dari dapil V. Dapil III terdiri atas Slogohimo, Purwantoro, Kismantoro, Bulukerto, dan Puhpelem. Dapil IV meliputi Jatisrono, Jatiroto, Tirtomoyo, Karangtengah, dan Batuwarno.

Sementara, dapil V terdiri atas Baturetno, Giriwoyo, Giritontro, Paranggupito, dan Pracimantoro. Mereka anggota Fraksi Amanat Kebangkitan Bangsa (AKB) DPRD Wonogiri. Fraksi tersebut merupakan fraksi gabungan dengan PAN.

Baca Juga: Terpilihnya Mat Nawir Sebagai Ketua DPC PKB Wonogiri Sempat Diprotes, Ini Alasannya

Dia melanjutkan, kegiatan deklarasi dukungan dilaksanakan sesuai konsep yang dibuat anggota DPRD. Kegiatan diupayakan digelar dengan tatap muka, tetapi jumlah peserta perlu dibatasi, yakni 20 hingga 30 orang. Pelaksanaannya wajib menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19. Hal itu sudah ditekankan kepada para anggota DPRD dari PKB.

“Bentuk kegiatannya diserahkan pada legislator PKB masing-masing. Mau dikemas dengan pemberian bantuan boleh, mau dalam bentuk diskusi enggak apa-apa. Yang jelas sasarannya komunitas,” imbuh Mat Nawir.

Dia menilai deklarasi dukungan bukan hanya berfungsi sebagai sosialisasi sosok Muhaimin Iskandar, tetapi juga sosialisasi legislator. Mereka bisa menggunakan momentum itu untuk mengenalkan diri sendiri untuk kepentingan Pemilu Legislatif (Pileg) 2024.

Baca Juga: Rendah di Survei, Muhaimin Iskandar: Proses Baru Dimulai

Legislator PKB dari dapil III, Sunarno, berencana menggelar deklarasi dukungan pertama pada Jumat (11/2/2022) malam mendatang. Acara akan dilaksanakan seusai kegiatan reses dengan peserta para modin kampung. Dia mengaku sudah menyiapkan ikrar yang pada intinya para modin mendukung Muhaimin Iskandar maju dalam Pilpres 2024.

“Deklarasi dukungan kedua akan menyasar kalangan muda. Kemungkinan setelah reses juga, sekalian saya bertemu dengan warga,” ulas Sunarno.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya