SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarangpos.com, SEMARANG — Kalangan anggota DPRD Jateng meminta agar dukungan pemerintah provinsi setempat terhadap madrasah dan pondok pesantren diperjelas sehingga lebih konkret, termasuk regulasi khusus tentang anggaran yang diberikan.

“Dalam Raperda Penyelenggaraan Pendidikan, belum memberikan tekanan agar satuan organisasi tata kerja [SOTK] pendidikan sebagai penyelenggara sekolah umum harus bersinergi dengan madrasah dan pondok pesantren secara lebih konkret,” kata Ketua Fraksi PKB DPRD Jateng Hendri Wicaksono di Kota Semarang, Senin (8/10/2018).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Menurut dia, hal tersebut perlu dilakukan mengingat keberadaan madrasah dan pesantren merupakan lembaga yang turut menjadi instrumen pendidikan karakter bagi generasi penerus. “Madrasah dan pondok pesantren merupakan instrumen dalam penguatan pendidikan karakter, maka sudah seharusnya di dalam raperda juga perlu meregulasi alokasi khusus anggaran di dalam APBD,” ujarnya.

Ekspedisi Mudik 2024

Ini, kata dia, sebagai bentuk pertanggungjawaban negara untuk penguatan madrasah dan pondok pesantren dalam kerangka pendidikan karakter. Hendri berpendapat, seharusnya kebijakan anggaran harus adil dan merata, apalagi semua dituntut mutu yang sama dan realita yang terjadi justru menunjukkan bahwa madrasah dan lembaga keagamaan lainnya sebagai lembaga pembentuk karakter bangsa, masih menjadi lembaga yang hidup seadanya.

“Mayoritas dikelola swadaya serta gurunya digaji apa adanya,” katanya.

Sekretaris Komisi E DPRD Jateng Abdul Hamid mengatakan bahwa jika raperda ini tidak mengatur detail tentang fasilitasi kepada madrasah, maka bisa diambil jalan lain, misalnya dengan memperbesar hibah untuk madrasah. Sementara itu, anggota Komisi E DPRD Jateng Muh. Zen Adv menambahkan, indeks angka partisipasi kasar (APK), angka partisipasi murni (APM), maupun angka putus sekolah di provinsi ini tak sekadar dihitung dari label sekolah.

“Mereka yang ada di madrasah juga dihitung bersama. Jadi yang harus dilihat baik yang di sekolah atau madrasah, mereka itu adalah masyarakat Jateng,” ujarnya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya