Legenda Syekh Subakir & Asale Gunung Tidar Pakunya Tanah Jawa

Asale Gunung Tidar yang disebut sebagai paku bumi di Tanah Jawa diyakini berkaitan dengan sosok ulama bernama Syakh Subakir.

 Tugu Gunung Tidar (Instagram/@m.fahilul_anamm)

SOLOPOS.COM - Tugu Gunung Tidar (Instagram/@m.fahilul_anamm)

Solopos.com, MAGELANG — Sosok Syekh Subakir disebut-sebut sebagai orang yang memaku Pulau Jawa di Gunung Tidar, Magelang. Kisah tersebut berkembang menjadi legenda yang dipercaya sebagian masyarakat sampai saat ini.

Konon, dulu Pulau Jawa diciptakan dalam bentuk tanah yang terapung di samudra. Seorang dewa dari kahyangan lantas turun ke Bumi untuk memaku tanah tersebut agar berhenti bergerak. Kelapa paku yang dipakai itu kemudian membentuk gunungan yang dikenal sebagai Gunung Tidar.

Baca juga: Misteri Gunung Tidar: Pakunya Tanah Jawa

Sampai saat ini, Gunung Tidar dikenal sebagai pakunya tanah Jawa. Apalagi gunung setinggi 503 mdpl itu berada tepat di tengah Pulau Jawa.

Sementara sosok Syekh Subakir adalah orang yang dikenal menyebarkan agama Islam di Jawa. Konon dia dulu membawa batu hitam yang dipasang di seantero Nusantara, salah satunya di tengah-tengah yang kini menjadi Gunung Tidar.

Dikutip dari Okezone.com, Selasa (30/11/2021), Syekh Subakir diutus ke tanah Jawa bersama dengan Wali Songo periode pertama. Mereka diutus oleh Sultan Muhammad I dari Istanbul, Turki, untuk berdakwah di Pulau Jawa pada 1404.

Baca juga: Asale Sangiran, Ternyata Dulunya Lautan Purba di Sragen

Para ulama yang diutus ke tanah Jawa itu antara lain Maulana Malik Ibrahim, berasal dari Turki, ahli mengatur negara. Maulana Ishaq, berasal dari Samarkand, Rusia Selatan, ahli pengobatan. Maulana Ahmad Jumadil Kubro, dari Mesir. Maulana Muhammad Al Maghrobi, berasal dari Maroko. Maulana Malik Isro’il, dari Turki, ahli mengatur negara.

Maulana Muhammad Ali Akbar, dari Persia (Iran), ahli pengobatan. Maulana Hasanudin, dari Palestina. Maulana Aliyudin, dari Palestina. Syekh Subakir, dari Iran, Ahli menumbali daerah yang angker yang dihuni jin jahat. Pada tahap berikutnya, kedudukan Syekh Subakir, Sang Babad Tanah Jawa sebagai salah satu Wali Songo, digantikan oleh Sunan Kalijaga.

Berita Terkait

Berita Terkini

Sumber Air di Goa Jatijajar Bikin Awet Muda?

Sumber air di Sendang Kantil Goa Jatijajar Kebumen konon berkhasiat membuat awet muda.

3,93 Juta Penduduk di Jateng Masuk Kategori Miskin

Jumlah penduduk miskin di Jawa Tengah atau Jateng mengalami penurunan dari 4,11 juta orang, menjadi 3,93 juta orang.

Diduga Korban Penganiayaan, Polisi Bongkar Makam Siswa SD di Grobogan

Seorang siswa sekolah dasar atau SD di Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah (Jateng), meninggal dunia, diduga menjadi korban penganiayaan teman-temannya.

Diringkus, Suami yang Bunuh Istri di Semarang

Suami yang bunuh sang istri di Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng), dan bawa kabur anaknya akhirnya ditangkap polisi.

Ngeri! Atap Kelas Nyaris Ambrol, SD di Kudus Ini Masih Digunakan Siswa

Siswa sebuah sekolah dasar atau SD di Kudus, Jawa Tengah (Jateng), diliputi perasaan waswas setiap belajar di ruang kelasnya karena kondisi bangunan yang telah rusak.

Pemandian Air Panas Krakal, Sensasi Spa Ala Jerman di Kebumen

Pemandian air panas Krakal di Kebumen, Jawa Tengah, dikenal sebagai Wiesbaden alias kota spa tertua di Jerman yang populer sejak zaman kolonial Belanda.

Ritual dan Pesugihan di Gunung Srandil Cilacap

Gunung Srandil di Cilacap, Jawa Tengah, menjadi destinasi wisata religi populer yang sering didatangi peziarah, termasuk untuk pesugihan.

Jejak Ki Semar di Gunung Srandil Cilacap, Sering Jadi Tempat Ritual

Gunung Srandil di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, menjadi destinasi wisata religi karena diyakini menyimpan petilasan Ki Semar, sang leluhur Tanah Jawa.

ShopeePay Hadirkan Semangat UMKM Lokal di Kota Semarang

Penyelenggaran layanan pembayaran digital ShopeePay menghadirkan program Semangat UMKM di Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng).

Gurihnya Bisnis Budidaya Bandeng di Jepara, Bisa Raup Rp123 Juta

Budidaya bandeng di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, memiliki prospek yang menggiurkan.

Gawat! Alat Pemantau Gunung Api Sumbing Hilang Digondol Maling?

Alat pemantau Gunung Sumbing di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, hilang.

Asal-Usul Goa Jatijajar Kebumen, Berawal Dari Petani Mencabut Rumput

Goa Jatijajar di Kebumen, Jawa Tengah, ditemukan pada 1802 oleh seorang petani bernama Jayamenawi yang memiliki lahan pertanian di atas goa tersebut.

Kronologi Suami Bunuh Istri di Semarang, Kabur Usai Ketahuan Warga

Peristiwa pembunuhan melibatkan suami dan istri terjadi di Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng).

Polda Jateng Raih Nilai Tertinggi ETLE Nasional, Ini Penyebabnya

Ditlantas Polda Jateng meraih nilai tertinggi dalam program ETLE Nasional Presisi, yakni program yang menjaring pelanggar lalu lintas melalui tilang elektronik.

Kejam! Pria di Semarang Bunuh Istri dan Kabur Bawa Anak

Peristiwa pembunuhan yang melibatkan suami terhadap istri terjadi di Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng), Sabtu (15/1/2022).

Kisah TKI asal Kudus, Gaji Tak Diberi Hingga Kena Deportasi

Kisah sedih berasal dari seorang perempuan asal Kabupaten Kudus yang menjadi TKI melalui agen penyaluran ilegal di Malaysia.