Legenda Putri Mandalika Bersejarah dengan Sirkuit MotoGP Megah

Terdapat legenda bersejarah Putri Mandalika di Lombok yang konon katanya memiliki paras cantik jeita. Ini dia ceritanya!

 Tangkapan layar penampakan sirkuit Mandalika, Lombok. (Istimewa/Motogp.com)

SOLOPOS.COM - Tangkapan layar penampakan sirkuit Mandalika, Lombok. (Istimewa/Motogp.com)

Solopos.com, MATARAM — Di balik megahnya Sirkuit Mandalika di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat atau NTB, terdapat legenda Putri Mandalika yang bersejarah.

Legenda Putri Mandalika berkembang di masyarakat etnis Sasak di NTB. Konon, dikisahkan putri ini memiliki paras sangat cantik jelita. Saking cantiknya Putri Mandalika lantas jadi rebutan banyak pemuda dan pangeran.

Seperti diceritakan Jeda.id, Putri Mandalika memutuskan bersemedi dan memohon petunjuk setelah banyak laki-laki yang melamarnya. Selesai bersemedi, Putri Mandalika mengundang seluruh pelamar pada tanggal ke-20 bulan ke-10 penanggalan Sasak.

Baca Juga: Spesifikasi Sirkuit Mandalika yang Curi Perhatian Rossi

Seluruh para pelamar diminta untuk berkumpul di Pantai Seger saat pagi buta. Maka berkumpulah seluruh pangeran, pemuda dah bahkan rakyat kerajaan tersebut. Putri Mandalika beserta raja, ratu, dan para pengawalnya datang menemui mereka.

Dalama legenda Putri Mandalika di Lombok yang bersejarah ini, diceritakan pengawalnya naik ke atas bukit Seger dan mengucapkan beberapa pesan. Isi pesannya kurang lebih, bahwa Putri Mandalika hanya ingin melihat ketenteraman dan kedamaian di Pulau Lombok.

Baca Juga: Dampingi Tukul Arwana, Ini Potret Ganteng Ega Prayudi Berseragam Polisi

Putri Mandalika tentu menyadari jikalau ia menerima satu pemuda atau sebagian dari lamaran mereka, maka pasti akan terjadi perpecahan dan konflik antarwarga. Oleh karena itu, Putri Mandalika berencana menerima semua lamaran.

Seluruh yang hadir tentu bingung dengan keputusan itu. Namun tiba-tiba saja Putri Mandalika justru menjatuhkan diri ke laut dan seketika hanyut di telan ombak besar.

Baca Juga: Doa Agar Cepat Mendapatkan Pekerjaan yang Diinginkan Menurut Islam

Semua yang hadir segera sigap menceburkan diri ke laut untuk menyelamatkan. Tetapi Putri Mandalika telah hilang tanpa ada jejaknya barang sedikit pun. 3

Tak lama kemudian, dalam legenda Putri Mandalika di Lombok yang bersejarah ini, muncul cacing yang sangat banyak dari laut. Cacing tersebut diberi nama “nyale” dan dipercaya oleh masyarakat sebagai jelamaan Putri Mandalika. Hingga sekarang berkembanglah upacara adat yang bernama Bau Nyale.

Baca Juga: Dialami Tukul Arwana, Apakah Pendarahan Otak Bisa Sembuh?

Dari Legenda Putri Mandalika Lombok hingga Sirkuit MotoGP

Seperti diektahui, di Mandalika, Lombok Tengah, NTB, dibangun sebuah sirkuit megah dan akan digunakan sebagai ajang balapan MotoGP 2022.

Sirkuit Mandalika akan dijadikan venue dalam seri kedua MotoGP 2022. Sebelum digunakan sebagai balapan MotoGP 2022, Sirkuit Mandalika juga digunakan untuk ajang World Superbike (WBSK) pada November 2021 mendatang.

Baca Juga: Daftar Harga Rokok Terbaru 2021, dari Paling Murah hingga Termahal

Desain Sirkuit Mandalika mengambil konsep sirkuit jalan raya (street circuit). Memiliki panjang lintasan 4,32 kilometer dan 17 tikungan, sirkuit ini ketika tidak digunakan untuk ajang balapan segera bisa diubah dan digunakan sebagai fasiltas umum.


Berita Terkait

Berita Terkini

Usia Seks Anak Makin Maju, Beri Pendidikan Seks Sesuai Usia Anak

Majunya usia anak yang melakukan seks tersebut, disebabkan oleh kurangnya edukasi mengenai hubungan seks dan kesehatan reproduksi pada anak.

Mengenal Jenis-Jenis Lensa Kontak, Manakah yang Paling Baik?

Penggunaan lensa kontak saat ini bukan hanya sebatas sebagai alat bantu penglihatan, melainkan juga sudah seperti bagian dari fashion.

6 Makanan Ini Membantu Perkembangan Otak Anak

Ada sejumlah makanan yang tepat dapat membantu meningkatkan daya ingat, konsentrasi, dan fungsi otak anak Anda.

Efek Pandemi Covid-19, Kasus Tuberkulosis Naik Lagi

WHO memaparkan bahwa kemajuan dalam pemberantasan penyakit TBC telah menjadi lebih buruk karena meningkatnya jumlah kasus yang tidak terdiagnosis dan tidak diobati.

Punya Cicilan Utang KPR atau Pinjol? Ini Trik Bijak Melunasinya

Kita bisa menerapkan salah satu dari dua trik jitu supaya bisa cepat dapat melunasi utang atau cicilan yaitu menggunakan metode debt snowball atau debt stacking.

Mengenal Penyebab Kanker Usus Seperti Diidap Pelawak Qomar

Penyebab utama di balik kedua jenis kanker usus ini adalah mutasi gen.

Viral Kisah Sedih Pria Hidupi Istri ODGJ, Netizen Sindir Baim Wong

Video perjuangan pria menafkahi istrinya yang ODGJ itu kemudian viral di media sosial dan ada netizen yang mengaitkan dengan Baim Wong yang kini ramai diperbincangkan.

90 Karya Seni Rupa Semarakkan Pameran Lentik/Lenting ISI Surakarta

Pameran Lentik/Lenting adalah gagasan untuk melihat lentiknya potensi pengetahuan seni tradisi dengan segenap ciri artistik dan estetiknya, serta potensinya untuk melenting.

15 Oktober Hari Cuci Tangan Sedunia, Tak Hanya untuk Cegah Covid-19

Peringatan Hari Cuci Tangan Sedunia ini pertama dicetuskan oleh Global Handwashing Partnership pada tahun 2008.

Cara Mudah Membeli dan Menggunakan Meterai Elektronik alias E-Meterai

Berikut ini terdapat cara mudah membeli dan menggunakan meterai elektronik alias e-meterai di pos.e-meterai.co.id.

Ini Bacaan Doa Agar Usaha dan Rezeki Lancar

Berikut bacaan doa yang bisa dilafalkan setiap hari agar usaha dan rezeki dilancarkan atas izin-Nya.

Agar Anak Tidak Jadi Penakut, Ajarkan Doa Ini!

Berikut ini terdapat doa yang bisa orang tua ajarkan kepada si kecil agar anak tidak jadi penakut. Lengkap dengan latin dan artinya.

Pilihlah Masakan Rumah daripada Masakan Restoran, Ini Alasannya

Tak ada salahnya membawa bekal makanan berupa masakan dari rumah saat Anda bekerja dan anak sekolah.

Viral Tukang Bangunan Bawa Bayi ke Tempat Proyek, Bikin Miris!

Kisah sedih ini datang dari pria yang bekerja sebagai tukang bangunan dengan membawa anaknya yang masih bayi ke tempat proyek.

Singgung Soal Baim Wong Marahi Kakek, dr Tirta Ajarkan Etika di Sosmed

Dokter sekaligus influencer kesehatan, Tirta Mandira Hudhi menyinggung soal aksi Baim Wong yang memarahi kakek tua.

Raup Rp20 Miliar dari Ternak Sapi? Begini Caranya

Kisah inspiratif tentang seorang pemuda yang sukses bisnis ternak sapi hingga meraup omzet Rp20 miliar.