SOLOPOS.COM - Suasana ruang tunggu Terminal Ir Soekarno Klaten masih lengang pada Kamis (21/4/2022) siang. (Solopos.com/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATEN — Pengelola Terminal Ir. Soekarno Klaten, Jawa Tengah bersiap menyambut kedatangan para pemudik Lebaran 2022.

Koordinator Terminal Ir. Soekarno, Marjono, mengatakan salah satu persiapan yang dilakukan yakni vaksinasi booster Covid-19 kepada pegawai, kru, serta agen bus. Vaksinasi booster digelar belum lama ini.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

“Semua sudah menerima booster. Kemudian, persiapan sarana dan prasarana seperti kursi ruang tunggu yang diatur agar tetap ada pengaturan jarak. Total kapasitas ruang tunggu sekitar 300 orang,” kata Marjono saat berbincang dengan Solopos.com, Jumat (22/4/2022).

Selain itu, pihak pengelola Terminal Ir. Soekarno juga menata parkir. Langkah itu untuk mengantisipasi parkir penuh saat arus balik Lebaran. “Untuk total personel terminal ada 78 orang,” imbuh dia.

Baca Juga : Ini Daftar Rest Area Tol Jakarta – Solo, Buat Istirahat Pas Mudik

Marjono menjelaskan belum ada tren peningkatan keberangkatan dan kedatangan penumpang hingga kini. Diperkirakan, lonjakan penumpang mulai terlihat pada H-7 Lebaran atau Senin (25/4/2022).

“Untuk pemberangkatan penumpang masih stabil 350 orang. Untuk kedatangan belum terpantau peningkatannya. Banyak juga yang turun di luar,” ungkap dia.

Marjono membenarkan aktivitas Terminal Ir. Soekarno menggeliat pada Lebaran tahun ini. Kondisi itu jauh berbeda dibandingkan dua kali Lebaran sebelumnya pada 2020-2021 lantaran larangan mudik Lebaran.

Baca Juga : Macet 1 Km di Tol saat Mudik Lebaran, Menhub: Gratis!

“Agen-agen bus saat ini sudah ramai. Di beberapa agen untuk keberangkatan pada 7 Mei hingga 9 Mei sudah habis,” ujar dia.

Salah satu agen di Terminal Ir Soekarno Klaten, Nur Alfi, 29, mengakui bisa bernapas lega setelah dua kali Lebaran terminal sepi gegara larangan mudik Lebaran.

“Setelah dua kali Lebaran puasa. Tahun ini kembali ramai. Pengalaman dua tahun kemarin menangis. Sama sekali tidak ada kue di meja karena tidak ada penumpang,” kata dia.

Baca Juga : Penumpang Kereta Usia 6-17 Cukup Tunjukkan Kartu Vaksin Dosis Kedua

Salah satu warga, Riko, 26, berencana pulang kampung ke Lampung pekan ini. Namun, dia mengakui mulai kewalahan mencari tiket.

“Rencana sebenarnya mau pulang Jumat ini. Tetapi tiketnya baru dapat untuk keberangkatan Sabtu. Sudah dua kali Lebaran kesulitan pulang ke Lampung. Kalau mau pulang harus lewat pemeriksaan, swab, dan lain-lain. Lebaran ini tidak,” ujar pria yang tinggal di Kelurahan Mojayan, Kecamatan Klaten Tengah itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya