LEG II SEMIFINAL LIGA CHAMPIONS : Pep Minta Bayern Tak Cuma Fokus Cetak Gol

LEG II SEMIFINAL LIGA CHAMPIONS : Pep Minta Bayern Tak Cuma Fokus Cetak Gol

SOLOPOS.COM - Pelatih Bayern Munich Pep Guardiola minta anak buahnya tidak hanya fokus bikin gol. Ist/dok

Leg II Semifinal Liga Champions menjadi laga krusial bagi Bayern Munich. Sang nahkoda Pep Guardiola meminta pasukannya tak cuma fokus untuk menciptakan gol.

Solopos.com, MUNICH—Bayern Munich tak mau hanya terfokus mencetak gol-gol untuk mengejar ketertinggalan telak 0-3 ketika menjamu Barcelona pada leg kedua semifinal Liga Champions di Allianz Arena, Munich, Rabu (13/5/2015) pukul 01.45 WIB.

Die Roten, julukan Bayern, menelan kekalahan 0-3 pada leg pertama di Camp Nou, Barcelona, Kamis (7/5/2015) WIB silam. Gawang Bayern yang dikawal Manuel Neuer dibobol Lionel Messi dua kali dan Neymar satu kali. Sementara tim asal Bavaria tersebut gagal membalas satu gol pun ke gawang Blaugrana, julukan Barca.

Alhasil, Bayern harus mencetak banyak gol untuk bisa mengamankan peluang tipis mereka ke partai puncak di Berlin, awal Juni mendatang. Meski demikian, Manajer Bayern, Josep “Pep” Guardiola meminta anak buahnya untuk tidak sekadar fokus dalam serangan dan melupakan pertahanan. Sebab, hal itu bisa berisiko meninggalkan ruang kosong di bagian belakang kepada trisula maut Barca, Messi, Luis Suarez, dan Neymar (MSN) untuk kembali menjebol gawang Neuer.

“Jika kami hanya fokus mencetak gol-gol pada Selasa [Rabu dini hari WIB] nanti maka kami akan kalah seperti saat melawan Real Madrid [pada semifibnal Liga Champions] tahun lalu [Bayern kalah 0-1 di leg pertama dan kalah 0-4 pada leg kedua],” jelas Guardiola, seperti dilansir Yahoosports, Senin (11/5).

Pertemuan melawan Madrid pada semifinal Liga Champions musim lalu rupanya belum hilang dari ingatan Guardiola. Mantan pelatih Barca itu dipaksa tak berkutik 0-1 ketika melawat ke markas Madrid pada leg pertama. Bermaksud mengejar ketertinggalan satu gol di Madrid, Bayern malah dibantai empat gol tanpa balas pada leg kedua di Munich.

“Kami senang apabila bisa lolos ke final, kami sadar kami kalah 0-3 dari tim terbaik dalam 15 tahun terakhir di Eropa. Kami harus bertahan dengan baik. Dibandingkan menyerang, hal pertama adalah bertahan dengan baik dan laga dengan sendirinya yang akan berbicara. Kami harus konsentrasi,” urai Guardiola yang pernah menyumbangkan 14 trofi hanya dalam empat tahun saat melatih Barcelona, seperti dilansir As.

Tanpa duo winger Arjen Robben dan Franck Ribery yang cedera, Guardiola mengakui timnya kesulitan membangun serangan dari bagian sayap. Die Roten, julukan Bayern, pun hanya mengandalkan full-back untuk menyisir dua posisi yang ditinggalkan Robbery, sebutan duet Robben dan Ribery.

Guardiola mengistirahatkan gelandang Xabi Alonso dan Manuel Neuer di bangku cadangan saat pertandingan melawan Augsburg, agar tampil fit saat bertemu Barca. Tapi Neuer akhirnya bermain selama sekitar 70 menit karena kiper Bayern, Pepe Reina, diganjar kartu merah ketika pertandingn baru berjalan sekitar 13 menit.

Sementara Barca akan turun dengan kekuatan penuh setelah menundukkan  Real Sociedad 2-0 di Liga Primera, Sabtu (9/5/2015). Di pos pertahanan, bek Jeremy Mathieu yang absen pada leg pertama karena cedera Achilles kembali masuk skuat yang diboyong ke Munich. Di lini depan, Barca tentu akan menurunkan trio monster gol MSN.

“Tiga penyerang [Messi, Neymar, dan Suarez] yang kami punya sangat spesial, paling spesial yang pernah kami punya,” ujar bek Barca, Dani Alves, yang menilai troi MSN lebih hebat dari trisula Barca sebelumnya Messi, Thierry Henry, dan Samuel Eto’o, seperti dilansir ESPN. (Hanifah Kusumastuti/JIBI/Solopos)

Berita Terkait

Berita Terkini

2 Jam Operasi Tim Gabungan Di Pasar Kota Sragen, 36 Orang Terciduk Langgar Prokes

Sebanyak 36 orang terciduk melanggar protokol kesehatan atau prokes saat tim gabungan Pemkab melakukan operasi di Pasar Kota Sragen.

Ini Alternatif Tujuan Wisata Lebaran Jateng...

Masyarakat Jateng bakal tetap bisa melancong bersama keluarganya selama libur Lebaran 2021, termasuk ke Desa Wisata Sepakung.

Shin Tae-yong Panggil 5 Pemain Gabung Timnas Indonesia U-23

5 Pemain tersebut adalah M Adi Satryo (PSS Sleman), Ilija Spasojevic (Bali United), Rizky Ridho (Persebaya), Ady Setiawan (Persebaya), dan Didik Wahyu W (Tira Persikabo).

Waspada, 18 Juta Orang Nekat Mudik Lebaran!

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan berdasarkan survei masih ada sekitar 7% warga yang akan memaksakan diri mudik Lebaran 2021.

Perpanjang PPKM Mikro Dipastikan Berdampak ke Pariwisata Jateng

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo memperpanjang PPKM Mikro hingga 17 Mei 2021 dan dipastikan berdampak ke sektor pariwisata Jateng.

Ratusan Pemudik Masuk Solo Saat Pengetatan, Ada Yang Positif Covid-19

Sekitar 500 pemudik sudah masuk ke Kota Solo selama masa pengetatan mudik sejak 22 April lalu, salah satunya terkonfirmasi positif Covid-19.

Larangan Mudik Dimulai, Jalan Tol Layang MBZ Ditutup

Vera mengatakan penutupan Jalan Layang MBZ dilakukan untuk pengendalian transportasi yang bertujuan membatasi pergerakan arus lalu lintas keluar dan masuk Jabotabek.

Salatiga Tutup Pasar Tiban & Objek Wisata

Pemkot Salatiga menutup fasilitas umum yang berpotensi menimbulkan kerumunan massa Lebaran 2021, termasuk pasar tiban dan objek wisata.

Jadwal Imsak dan Magrib di Solo Hari Ini, Kamis 6 Mei 2021

Di bawah ini ada jadwal imsak dan magrib Kota Solo di Jawa Tengah hari ini, Kamis, 6 Mei 2021 dari Kementerian Agama atau Kemenag.

Mobil Rombongan Pemudik Hantam Truk di Jalan Tol Madiun

Sebuah minibus pengangkut rombongan pemudik terlibat kecelakaan menabrak truk di jalan tol Madiun Km. 603 A dari arah barat ke timur.

Tingkatkan Kompetensi Lulusan, Politeknik Negeri Madiun Siap Upgrading 6 Prodi D3

Direktur Jenderal Pendidikan  Vokasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Wikan Sakarinto, mengatakan kebijakan program studi D3 ditingkatkan menjadi Sarjana Terapan atau D4 ini diharapkan disambut baik seluruh perguruan tinggi vokasi.

Kekinian Banget! Kafe Di Pasar Nguter Sukoharjo Ini Sajikan Jamu Dengan Nama-Nama Unik

Kafe jamu di Pasar Nguter, Sukoharjo, yang diresmikan Puan Maharani pada 2019 menyajikan aneka minuman dengan nama unik.