SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta–Staf Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) turut melakukan olah TKP bersama polisi di tiga rumah yang rusak di Duren Sawit. Muncul dugaan bahwa rumah rusak akibat tertimpa meteorit.

“BMKG ada di sini,” kata Kapolres Jakarta Timur Kombes Hasanuddin di Jl Delima, Duren Sawit, Jumat (30/4).

Promosi Program Pemberdayaan BRI Bikin Peternakan Ayam di Surabaya Ini Berkembang

Sementara itu, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) juga siap membantu polisi menyelidiki sumber ledakan yang diperkirakan benda asing itu. Pihaknya menunggu hasil penelitian polisi apa betul itu benda antariksa.

“Iya kita siap (membantu polisi),” ujar profesor Lapan di bidang astronomi sekaligus Kepala Pusat Pemanfaatan Sains Atmosfer dan Iklim Lapan, Thomas Djamaluddin ketika dihubungi, Jumat.

Thomas juga mengatakan untuk membuktikan itu meteorit atau bukan, polisi harus menemukan benda, berupa bongkahan atau batu hitam, yang terlihat seperti bekas terbakar karena meteor itu bergesekan dengan atmosfer.

Untuk mengujinya, meteorit itu mengandung beberapa mineral, biasanya karbon dan silikat. Atau mengandung logam seperti besi yang batunya lebih keras dan padat.

“Kita menunggu forensik dulu. Apa betul reruntuhan itu ada benda ruang angkasa. Kita siap saja (membantu),” jelasnya.

Sebelumnya polisi menduga penyebabnya adalah benda dari luar angkasa yang menimpa rumah di perkampungan padat itu. “Barang bukti debu-debu, pecahan halus, berwarna putih dan hitam,” terang Kepala Pusat Departemen Balistik dan Metalurgi Puslabfor Polri, Kombes Pol Amril Kamal, di lokasi kejadian.

Amril belum bisa memastikan apakah material itu. Bisa saja benda itu berasal dari luar angkasa, karena sumber ledakan dipastikan berasal dari luar rumah.

dtc/ tiw

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya