SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta— Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) memastikan bahwa ledakan Duren Sawit akibat meteorit. Benda antariksa itu menumbuk salah satu rumah warga yang datang dari arah Barat Daya.

Dalam siaran pers yang dikeluarkan LAPAN, Senin (3/5), kesimpulan ini diperoleh setelah LAPAN berkoordinasi dengan Pusat Laboratorium Forensik (Puslabfor) Kepolisian Republik Indonesia (Polri).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kepala Pusat Sains Antariksa Lapan, Drs. Sri Kaloka Prabotosari menyatakan bahwa benda tersebut adalah meteorit. Hal tersebut juga dijelaskan Peneliti bidang astronomi Lapan, Prof. Dr. Thomas Djamaluddin.

Thomas memaparkan, ada indikasi kuat yang mengarah pada tumbukan meteorit di Duren Sawit. Indikasi tersebut dilihat berdasarkan struktur kerusakan bangunan dan paparan panas di lokasi kejadian. “Paparan panas menunjukkan bahwa benda tersebut datang dengan kecepatan dan panas yang tinggi,” ujar Thomas.

Hingga saat ini, meteorit belum ditemukan karena banyaknya reruntuhan di lokasi kejadian. Meskipun demikian, menurut Thomas, Lapan dan Puslabfor tidak perlu menunggu ditemukannya benda tersebut untuk membuat kesimpulan akhir.

“Material yang menumbuk bukan sebagai kunci untuk menyimpulkan adanya tumbukan meteorit. Kesimpulan bisa diperoleh dengan melihat kerusakannya,” ujarnya lagi.

Kesimpulan akhir ini segera diambil agar masyarakat di sekitar jatuhnya meteor dapat kembali beraktivitas. Kedua lembaga ini mengimbau, bila ada masyarakat yang menemukan benda aneh, harap menghubungi kepolisian. “Nantinya, pihak kepolisian akan meneruskan penemuan tersebut kepada LAPAN,” kata Thomas.

Masyarakat tidak perlu khawatir pada meteorit itu. Menurut Thomas, hal ini disebabkan meteorit tidak mengandung racun dan bahan radioaktif, sehingga tidak berbahaya.

vivanews/rif

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya