SOLOPOS.COM - Penampilan baru kereta ekonomi (Instagram KAI121).

Solopos.com, JAKARTA – PT Kereta Api Indonesia (KAI) sedang memodifikasi kursi 12 kereta ekonomi atau satu trainset di Balai Yasa Manggarai. Nantinya, penumpang bisa naik KA Ekonomi New Generation tanpa kursi tegak.

Dalam akun resmi Instagram @kai121_, dikutip Jumat (9/6/2023), proses modifikasi kereta ekonomi dilakukan di Malai Yasa Manggarai selama 1,5 bulan. “Prosesnya belum selesai 100 persen,” tulis narasi dalam video unggahan tersebut.

Promosi Kinerja Positif, Telkom Raup Pendapatan Konsolidasi Rp149,2 Triliun pada 2023

Perbedaan signifikan KA Ekonomi New Generation adalah jenis kursi yang sudah menggunakan captain seat. Adapun, kapasitas penumpang per kereta berubah dari 80 seat menjadi 72 seat. Penambahan ruang diperlukan agar penumpang bisa memiliki legroom yang lebih luas. Kursi bisa diatur kemiringannya atau reclining dan dapat diputar, baik searah laju kereta maupun berhadapan dengan penumpang lain.

KA Ekonomi New Generation bakal memiliki public information display system (PIDS) untuk menampilkan informasi mulai dari nama kereta, nomor kereta, hingga indikator suhu ruangan. Selain itu, memiliki rak bagasi seperti kereta eksekutif.

Penumpang juga bisa menggunakan toilet yang memberikan nuansa mewah dengan kloset duduk dan pengering tangan. KAI belum memutuskan KA Ekonomi New Generation ini akan dirangkaikan untuk KA atau rute tertentu. Hal ini masih dalam tahap kajian manajemen.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul KA Ekonomi New Generation: Tanpa Kursi Tegak, Buat KA dan Rute Mana?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya