Lebih-Kurang Rumah Kuldesak Sesuai Fengsui
Ilustrasi rumah cul de sacs. (Urbanprojectization.com)

Solopos.com, JOGJA — Bagi pemilik kepercayaan tertentu, rumah di jalan buntu kerap dicari. Padahal, menurut fengsui, rumah tipe itu memiliki kelebihan sekaligus kekurangan.

Fengsui sesuai maknanya adalah letak bangunan atau rumah yang dianggap mempunyai pengaruh baik atau buruk terhadap kehidupan penghuninya. Karenanya, kelebihan dan kekurangan rumah jalan buntu harus disadari sehingga pengaruh baik dalam kehidupan bisa optimal diperoleh.

Inilah catatan 99.co yang dikutip Harian Jogja—grup Solopos.com—tentang rumah di jalan buntu yang harus diperhatikan.

Ini 10 Cara Fengsui Atur Taman Rumah

Dalam bahasa Perancis, rumah jalan buntu disebut juga cul de sac atau dalam bahasa Indonesia diadaptasi sebagai kuldesak alias jalan buntu. Sesuai namanya, tipe rumah ini berada di ujung jalan buntu.

Kelebihan Rumah Kuldesak

1. Keamanan

Tipe rumah kuldesak memiliki bagian depan kavling yang sempit. Dilihat dari sisi keamanan, kondisi ini terbilang sangat baik. Sebab hanya memiliki satu akses jalan masuk yang tidak mudah dilalui sembarangan orang.

2. Ketenangan

Sementara bagian belakang yang melebar membuat rumah kuldesak terasa lebih tenang dan damai. Apalagi jika tipe orang yang mudah terganggu oleh suara tetangga yang berisik dan lalu lalang kendaraan. Maka, rumah tipe ini dapat menjadi solusi yang tepat.

3. Sirkulasi Udara

Rumah kuldesak atau rumah di jalan buntu juga bisa memberikan sirkulasi udara yang baik. Hal ini disebabkan posisinya yang mudah mendapatkan akses cahaya alami dan udara dari berbagai arah.

4. Sisi Lahan

Rumah kuldesak  juga umumnya memiliki sisa lahan yang dapat dikelola sesuai keinginan. Pemilik rumah memiliki keleluasaan untuk merancang sisa lahan karena berada di jalan buntu tanpa perlu terganggu dan mengganggu tetangga.

Jerapah Putih Terakhir Bertahan di Kenya

Kekurangan Rumah Kuldesak

1. Area Depan Terbatas

Tipe rumah ini memiliki area depan yang sempit dan terbatas. Sehingga membuat kesulitan parkir di depan rumah.

2. Masalah Rezeki

Dalam fengsui, rumah di ujung jalan buntu atau kuldesak dinilai kurang baik. Sebab chi atau energi alam dianggap menjadi stagnan dan tidak bisa bertahan lama. Hal ini berdampak pada rezeki kehidupan yang sulit untuk didapat.

3. Undang Musibah

Jika rumah kuldesak tidak memiliki sirkulasi angin yang baik dapat membuat chi berubah menjadi sha chi yang jahat dan udara juga terasa lebih panas. Situasi ini sering mengundang musibah kebakaran bahkan pencurian. Chi dapat tumbuh dan bersemai dengan baik jika dibuat sebuah kolam dengan air terjun di depan rumah. Dengan demikian, sirkulasi chi dapat tumbuh panjang.

Benda Ini Kata Fengsui Buka Keberuntungan

Cara Mengatasi Kekurangan Rumah kuldesak

1. Bangun Taman

Pada dasarnya untuk dengan mengurangi kekurangan-kekurangan kuldesak, maka pemilik rumah harus menambah energi positif rumahnya. Membangun taman hijau di bagian belakang dan depan rumah. Selain itu, buatlah air mancur di area tersebut.

2. Rancang Pintu

Masih untuk dengan mengurangi kekurangan kuldesak, pemilik rumah harus menambah energi positif rumahnya dengan terlebih dulu merancang kondisi pintu rumah. Pastikan semua pintu memiliki kondisi dan fungsi yang baik. Sementara untuk pintu di bagian depan rumah, catlah dengan warna terang. Warna terang seperti merah dipercaya dapat membawa hoki bagi penghuninya.

3. Hindarkan Benda Penghambat Energi Baik

Pastikan chi mengalir masuk ke dalam rumah melalui pintu tanpa terhalang. Hindari meletakkan benda-benda yang dinilai dapat menghambat energi baik masuk ke dalam rumah, seperti pohon besar yang menghalangi pintu, tiang listrik, tempat sampah dan pot tanaman besar. Perhatikan juga sepatu di teras, jangan sampai berantakan karena hal itu juga dapat mempengaruhi energi baik terhambat masuk ke dalam rumah.

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos

Sumber: Harian Jogja/99.co



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom