SOLOPOS.COM - Ilustrasi pemilu. (freepik)

Solopos.com, KLATEN — Sejumlah desa dengan jumlah pendaftar bakal calon kepala desa (balon kades) lebih dari 5 orang bakal diadakan seleksi tambahan.

Pilkades serentak gelombang I digelar di 67 desa yang tersebar di 22 kecamatan. Saat proses pendaftaran, ada 233 pendaftar. Dari jumlah itu, pendaftar yang dinyatakan memenuhi berkas persyaratan sebanyak 196 orang.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ada beberapa desa yang dilakukan seleksi tambahan lantaran jumlah bakal calon kades yang memenuhi persyaratan lebih dari lima orang. 

“Harapannya tahapan berjalan sukses dan lancar sampai pada hari pemilihan pada 5 Juli 2023 hingga pasca dan pelantikan. Mohon dukungan seluruh elemen masyarakat di Klaten agar Pilkades berjalan kondusif dan aman,” ucap Bupati Klaten, Sri Mulyani, Rabu (31/5/2023), mengutip laman resmi Pemkab Klaten, 

Mulyani meminta siapapun calon kades yang terpilih merangkul rival mereka selepas pemilihan.

“Yang menang segera merangkul yang kalah untuk bersama-sama berkomitmen menjaga suasana kondusif di wilayah,” kata dia.

Kapolres Klaten, AKBP Warsono, mengatakan jumlah personel yang dilibatkan guna pengamanan pelaksanaan Pilkades bersifat tentatif.

“Jumlah personel masih tentatif masih melihat perkembangan. Personel keamanan kami tetapkan sesuai zonanya. Bagaimana karakteristik wilayah tersebut, kami akan pertimbangkan untuk menentukan jumlah personel. Kami juga akan minta bantuan pasukan dari Brimob untuk menjaga kondusivitas wilayah,” kata Kapolres.

Kapolres mengatakan berdasarkan pemetaan, ada empat desa yang dinyatakan rawan konflik. Berbagai upaya untuk menjaga kondusivitas di empat desa itu serta desa-desa lain terus dilakukan.

“Sudah dilakukan upaya-upaya dan sudah mulai terkondisikan. Kami terus lakukan monitoring. Polsek dan Polres terus melakukan silaturahmi dengan berbagai elemen. Termasuk Polisi RW ikut menjaga suasana kondusivitas membantu tugas Babhinkamtibmas,” jelas dia.

Kapolres mengatakan kegiatan kepolisian akan difokuskan pada wilayah yang akan melaksanakan Pilkades. Pendekatan-pendekatan itu di antaranya melalui kegiatan Jumat Curhat, silaturahmi, dan Polisi RW.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya