SOLOPOS.COM - Kolam Renang Kartika di Kroyo, Kecamatan Karangmalang, Sragen segera selesai direnovasi. Foto diambil Senin (5/12/2022). (Solopos.com/Galih Aprilia Wibowo)

Solopos.com, SRAGEN — Setelah ditutup  hampir empat bulan renovasi Kolam Renang Kartika di Sragen hampir rampung. Obyek wisata air milik Pemkab Sragen ini dijadwalkan dibuka kembali pada 15 Desember 2022 mendatang.

Kolam Renang Kartika berada di Kroyo, Kecamatan Karangmalang, Sragen. Lokasinya tak jauh dari pusat kota. Kolam renang ini termasuk yang tertua di Sragen karena diresmikan kali pertama pada 1980 atau 42 tahun silam.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Pada 15 Desember bakal ada soft launching dan langsung dibuka untuk masyarakat seusai diresmikan. Renovasi ini memang merupakan penataan awal untuk perbaikan selanjutnya karena memang belum selesai sepenuhnya ada tahap lain,” Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Sragen, Yuniarti, saat ditemui Solopos.com di kantornya pada Senin (5/12/2022).

kolam renang Kartika sragen
Kolam Renang Kartika di Kroyo, Kecamatan Karangmalang, Sragen, Senin (5/12/2022). (Solopos.com/Galih Aprilia Wibowo)

Sebelumnya Kolam Renang Kartika sudah beberapa kali di renovasi namun skalanya kecil. Kali ini renovasinya besar, menelan dana hingga sekitar Rp3 milliar yang diambil dari dana alokasi khusus (DAK).

Kolam Renang Kartika kini dilengkapi dengan gazebo dan 10 stan kuliner. Tiap stan berukuran 3 x 3 meter. Namun kolam renang ini tidak bisa digunakan untuk olahraga prestasi seperti menggelar lomba atau kejuaraan renang karena standarnya belum memadai.

Baca Juga: 5 Objek Wisata Unik di Sragen, Salah Satunya Ada Gamelan dari Batu

“Jadi memang lebih diarahkan pada konsep wisata. Bupati lebih setuju untuk pariwisata,” tambahnya.

Sekretaris Disparpora Sragen, Darmawan, menjelaskan renovasi tersebut lebih fokus pada lanskap tempat yang diperbarui, tidak pembangunan baru. Karena memang memang pada awalnya Kolam Renang Kartika  tidak ada masalah.

kolam renang Kartika sragen
Stan kuliner di Kolam Renang Kartika di Kroyo, Kecamatan Karangmalang, Sragen, Senin (5/12/2022). (Solopos.com/Galih Aprilia Wibowo)

“Lanskapnya berbeda jauh, lebih bagus dan nyaman. Dilengkapi juga dengan stan kuliner. Stan kuliner tersebut memang menjadi salah satu fasilitas saja, fokus kami adalah ingin menambah daya tarik agar konsep Kolam Renang Kartika sebagai tempat wisata bisa lebih matang. Serta kolam renang tidak hanya digunakan untuk sekadar olahraga, tapi juga sarana rekreasi,” terang Darmawan.

Sebelum renovasi, Kolam Renang Kartika terkesan sederhana. Kini sudah sudah dilengkapi fasilitas penerangan yang lebih memadai. Darmawan berharap food court di Kolam Renang Kartika nantinya bisa buka hingga malam. Untuk saat ini hanya dibuka pagi hingga sore karena alasan keamanan.

Baca Juga: Seperti di Hotel Mewah, Air Panas Bayanan Bisa Dinikmati dalam Bathtub

“Jadi bisa digunakan untuk nongkrong, asal tidak menganggu lingkungan karena dekat dengan rumah sakit dan pemukiman. Pilihan musiknya tidak terlalu keras, lebih ke musik akustik,” tambahnya.

kolam renang Kartika sragen
Kolam Renang Kartika di Kroyo, Kecamatan Karangmalang, Sragen, Senin (5/12/2022). (Solopos.com/Galih Aprilia Wibowo)

Untuk tiket masuk Kolam Renang Kartika masih sama, yaitu cukup Rp5.000/orang. Kolam ini buka setiap hari mulai pukul 06.00 WIB hingga 17.00 WIB.

Pantauan Solopos.com, jalan setapak di Kolam Renang Kartika dipaving, beberapa pohon dipangkas sehingga lebih rapi dan terbuka. Sementara itu stan kuliner terlihat siap digunakan. Di tengah-tengah deretan stan tersebut terdapat tempat duduk yang bisa digunakan oleh pengunjung.

Di samping food court terdapat enam gazebo baru yang dilengkapi arena bermain anak-anak dan tanaman hias yang tergantung di dinding.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya