SOLOPOS.COM - Ilustrasi perjalanan mudik. (Freepik.com).

Solopos.com, KLATEN — Pemkab Klaten tahun ini mengadakan program mudik gratis Lebaran dengan jumlah delapan unit bus. Titik pemberangkatan kedelapan bus itu dari Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta pada 17 April 2023.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Klaten, Supriyono, menjelaskan delapan bus yang disiapkan untuk armada mudik gratis itu masing-masing berkapasitas 50 penumpang. Artinya, ada kuota sekitar 400 kursi untuk mudik gratis.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Soal pendaftaran peserta mudik gratis, Supriyono menjelaskan Dishub sudah berkoordinasi dengan paguyuban warga Klaten di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek).

Rencananya, kedelapan bus mudik gratis Lebaran dari Pemkab Klaten itu diberangkatkan dari TMII pada 17 April 2023, bersamaan dengan armada mudik gratis lainnya dari Pemprov Jateng.

“Lokasi turunnya nanti di Terminal Ir Soekarno Klaten,” kata Supriyono saat ditemui Solopos.com di Pendapa Pemkab Klaten pekan lalu. Jumlah bus yang diberangkatkan untuk program mudik gratis tahun ini lebih banyak dibandingkan pada 2022 yang hanya lima bus.

Supriyono berharap program itu bisa dimanfaatkan warga Klaten di perantauan terutama yang ada di Jabodetabek. “Semaksimal mungkin Pemkab memberikan pelayanan bagi masyarakat. Kami berharap melalui mudik gratis, membantu warga Klaten di perantauan merasakan kebahagiaan untuk pulang ke kampung halaman,” katanya.

Sementara itu, Pengelola Teknologi Informasi Terminal Ir Soekarno Klaten, Saryana, mengatakan saat ini kondisi terminal masih sepi arus pemudik yang berdatangan. Diperkirakan arus mudik baru terjadi mulai pada hari pertama cuti bersama Idulfitri 1444 Hijriah atau 19 April 2023.

Mempercantik Terminal Ir Soekarno

Sebagai persiapan menyambut para pemudik, Terminal Ir Soekarno Klaten kini tengah bersolek. Beberapa bagian terminal yang berada di Kelurahan Buntalan, Kecamatan Klaten Tengah itu mulai dibenahi.

Berdasarkan pantauan Solopos.com, Sabtu (1/4/2023) sejumlah pekerja mulai melakukan pengecatan pada beberapa bagian tembok terminal. Seperti yang terlihat pada tembok di pintu pemberangkatan bus yang diperbarui catnya dengan warna biru.

Pekerja lainnya terlihat mengecat ulang pagar di median jalan terminal tersebut. “Biar penampilan baru meskipun bangunan lama. Ini untuk menyambut arus balik biar terminal terlihat bersih karena juga kondisi cat yang lama sudah mengelupas,” kata Pengelola Teknologi Informasi Terminal Ir Soekarno Klaten, Saryana, Sabtu (1/4/2023).

Selain memoles wajah terminal, Saryana mengatakan persiapan menyambut arus mudik dan balik Lebaran juga dilakukan dengan memastikan awak serta armada bus yang beroperasi untuk Lebaran dalam kondisi prima. Dia mengatakan bakal dilakukan pengecekan kondisi kelayakan armada yang diberangkatkan dari terminal tersebut.

Selain itu, bakal dilakukan pengecekan kesehatan bagi para awak bus yang tiba di terminal. Pengecekan itu dilakukan petugas gabungan melibatkan petugas Terminal Ir Soekarno, Dinas Perhubungan (Dishub), Polres, hingga petugas Dinas Kesehatan (Dinkes).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya