SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

JOGJA—Badan Lingkungan Hidup Kota Jogja memprediksikan pada Lebaran kali ini, volume sampah akan meningkat hingga 15% dibanding hari biasa.

Kepala Bidang Sampah Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Jogja Irfan Susilo menjelaskan peningkatan volume sampah umumnya terasa pada akhir pekan. Dari prediksinya kenaikan sampah mencapai lebih dari 15% dari volume hari biasa. “Selama libur Lebaran ini, kepadatan di sejumlah tempat wisata cukup tinggi, volume sampah kami prediksikan naik hingga 15%,” katanya, Kamis (1/9).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Menurutnya dengan adanya kenaikan volume sampah di sejumlah tempat pariwisata itu, maka total sampah yang dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Piyungan mencapai sekitar 300 meter kubik per hari.

Ekspedisi Mudik 2024

Adapun sejumlah lokasi tujuan yang paling berpotensi menimbulkan penambahan volume sampah ialah tempat wisata seperti kebun binatang Gembira Loka, Alun-alun, Malioboro dan Taman Pintar.

Dengan kondisi tersebut, lanjut Irfan pihaknya menambah jadwal pembersihan sampah. Dikatakannya jadwal penyapuan dilakukan sebanyak tiga kali sehari, yaitu pada pagi, siang dan malam.

Namun selama libur Lebaran jadwal penyapuan pada malam hari ditambah sekali lagi. “Jadwal saat libur Lebaran semakin banyak, karena semakin banyak tempat-tempat yang harus kami bersihkan saat libur,” katanya.(Harian Jogja/Rina Wijayanti)

HARJO CETAK

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya