SOLOPOS.COM - Ilustrasi KA Lebaran (JIBI/SOLOPOS/dok)

SOLO—PT KA Daops VI Jogja menyiapkan sekitar 2.500 kursi ekstra Lebaran untuk menampung lonjakan penumpang selama momentum tersebut. Sayangnya, di Daops VI Jogja, tidak ada tambahan kursi untuk KA ekonomi.

Kepala Humas PT KA Daops VI Jogja, Eko Budiyanto, menjelaskan tambahan 2.500 kursi tersebut disebar di KA Argo Lawu, Argo Dwipangga, Sancaka, dan Lodaya. “Sudah dipastikan tambahan KA ekstra di Daops VI Jogja hanya untuk empat KA. Yang ekonomi tidak ada ekstra yang dijalankan Daops VI. Tapi yang dijalankan Daops lain dan melewati wilayah Daops VI ada,” beber Eko, kepada Solopos.com, Jumat (29/6/2012).

Promosi BRI Borong 12 Penghargaan 13th Infobank-Isentia Digital Brand Recognition 2024

KA ekstra Lebaran tersebut akan beroperasi 14-26 Agustus. Eko berharap tambahan kursi ini mencukupi untuk menampung lonjakan penumpang. Masyarakat yang memilih KA sebagai moda transportasi saat mudik Lebaran juga dimintanya menyesuaikan diri dengan tambahan 2.500 kursi ekstra ini.

Apalagi, dia menambahkan, PT KA membuka seluasnya kesempatan bagi masyarakat untuk membeli tiket jauh hari yakni H-90 keberangkatan. Selain itu, tempat membeli tiket juga tersedia banyak pilihan. Sebagai gambaran sepanjang arus mudik dan balik Lebaran tahun 2011 PT KA Daops VI Jogja mengangkut 151.548 orang. Jumlah tersebut turun 23% dibandingkan periode yang sama tahun 2010 di mana jumlah penumpang menembus 195.831 orang.

Jika diperinci penumpang selama Lebaran didominasi penumpang KA ekonomi sebanyak 93.835 orang. Sedangkan penumpang KA bisnis dan eksekutif masing-masing 33.619 orang dan 24.094 orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya