Lebaran, PMI Jateng Terjunkan 75 Ambulans & 2.859 Personel

 Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLOPOS.COM - Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarangpos.com, SEMARANG — Organisasi kemanusiaan, Palang Merah Indonesia (PMI) Jawa Tengah (Jateng) akan menerjunkan 2.859 personel guna memberikan pelayanan kepada para pemudik selama masa libur Lebaran 2019. Selain ribuan personel, PMI Jateng juga akan menyiagakan 75 ambulans di sepanjang jalur mudik di Jateng.

Ketua PMI Jateng, Imam Triyanto, mengatakan pihaknya akan turut membantu pengamanan dan pelayanan bagi para pemudik yang melintas di Jateng.

“PMI telah menyiapkan 124 pos dengan 75 unit ambulans siaga. Selain itu, kita juga menyiagakan 2.859 personil, yang terdiri dari 81 dokter, 432 perawat, dan 2.346 orang sukarelawan. Mereka akan bertugas selama 24 jam sehari sejak H-7 hingga H+7 Lebaran,” ujar Imam dalam keterangan resmi yang diterima Semarangpos.com, Rabu (29/5/2019).

Kesiapan ini, menurut Imam merupakan tindaklanjut dari arahan Ketua PMI Pusat, Jusuf Kalla. Keberadaan pos PMI juga di beberapa lokasi strategis, seperti pusat keramaian, pasar, bandara, pelabuhan, terminal dan obyek wisata.

“Pos PMI ini ada yang didirikan secara mandiri, maupun bergabung dengan instansi pemerintah, Polri, TNI, dan pihak lainnya,” ujar Imam.

Menurut Imam PMI tidak hanya akan memberikan pertolongan pertama dalam kasus-kasus kecelakaan darurat. Tetapi, juga akan memberikan penyuluhan kesehatan, promosi kesehatan, hingga melakukan sosialisasi keselamatan bagi pemudik.

PMI juga mengimbau agar para pemudik selalu berhati-hati dan waspada saat mengendarai kendaraan bermotor selama arus mudik yang padat dan rawan kecelakaan. “Silakan beristirahat di Pos PMI, bisa istirahat dengan aman, nyaman dan gratis,” pesan Imam.

Ketua Bidang Pelayanan Kesehatan PMI Jateng, dr. Hartanto, mengatakan selain personel yang terlatih dalam hal penanganan darurat seperti resusitasi jantung-paru/RJP dan evakuasi, Pos PMI juga menyediakan obat-obat darurat.

“Pos PMI harus mampu memberikan pelayanan yang sesuai prosedur keselamatan, menyediakan perlengkapan untuk rujukan pasien bila diperlukan dan tentu bekerjasama dengan fasilitas kesehatan seperti puskesmas, fasilitas kesehatan tingkat pertama [FKTP] dan rumah sakit rujukan,” ujar Hartanto.

Seluruh Pos PMI di Jateng telah melakukan koordinasi dengan dinas dan instansi terkait di tiap kabupaten dan kota. “Selalu melakukan koordinasi dengan Polri, TNI, BPBD, Dinas Kesehatan dan lintas sektor terkait. Juga untuk para petugas agar selalu menjaga kesehatan dan mengutamakan keselamatan diri,” pesannya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Berita Terkait

Espos Plus

Volume Kubah Lava Merapi Bertambah 400 Bak Truk/Hari

+ PLUS Volume Kubah Lava Merapi Bertambah 400 Bak Truk/Hari

Aktivitas erupsi efusif Gunung Merapi membentuk kubah lava yang salah satunya di bagian barat daya dengan volume mencapai 1.670.000 m3. dan pada bagian tengah mencapai 3.007.000 m3.

Berita Terkini

Atasi Kekeringan Sekitar WKO Sragen, Komunitas Gelar Aksi Tanam Pohon

Butuh upaya kolaborasi penanaman pohon untuk mengatasi kekeringan pada musim kemarau di sekitar sumber air di Desa Gilirejo Baru, Kecamatan Miri, Sragen.

Gerdu Wonogiri Longsor, Warga Langsung Gelar Kerja Bakti

Kerja bakti dilakukan oleh warga di lingkungan Gerdu serta petugas dari BPBD Kabupaten Wonogiri dan Sentra Komunikasi (Senkom) Mitra Polri.

+ PLUS Volume Kubah Lava Merapi Bertambah 400 Bak Truk/Hari

Aktivitas erupsi efusif Gunung Merapi membentuk kubah lava yang salah satunya di bagian barat daya dengan volume mencapai 1.670.000 m3. dan pada bagian tengah mencapai 3.007.000 m3.

Sport Tourism Bikin Ekonomi Bali Menggeliat

Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno meminta ada lebih banyak kegiatan berbasis pariwisata olahraga atau sport tourism digelar Bali.

Lonjakan Omicron, Lalu Zohri Batal ke Kazakhstan

Kejuaraan Atletik Indoor Asia di Nur Sultan dipastikan kembali mundur karena lonjakan kasus Covid-19 varian Omicron.

Mau Naik BRT Trans Jateng Solo-Sragen? Ini Daftar Lengkap 76 Haltenya

BRT Trans Jateng Solo-Sragen berjalan dari Terminal Tirtonadi Solo sampai Terminal Sumberlawang, Sragen, melewati 76 titik pemberhentian atau halte.

Wah, Bank Sampah RW 008 Purwosari Solo Kurangi 2 Ton Sampah per Bulan

Pengelolaan bank sampah di RW 008 Kelurahan Purwosari, Kecamatan Laweyan, Solo, mampu mengurangi volume sampah hingga dua ton dalam sebulan.

Ndayu Park Sragen Punya Atraksi Baru Lho, Keliling Naik Skuter Listrik

Pengunjung taman Ndayu Park Sragen kini bisa menikmati atraksi baru yakni keliling taman naik skuter listrik yang bisa disewa di lokasi.

Unggah Foto Lamborghini Miliknya, Raffi Ahmad: Dijual atau Disimpan?

Unggah foto Lamborghini miliknya, Raffi Ahmad pun meminta pendapat warganet apakah mobil mewah tersebut dijual atau disimpan.

Takut Bingung, Pedagang Pasar Legi Solo sampai Keluar Jemput Pelanggan

Para pedagang Pasar Legi Solo sampai rela keluar menjemput pelanggan yang sudah janji mau datang karena takut si pelanggan bingung menemukan lokasi lapak mereka di bangunan baru.

Ini Dia Pembela dan Penjaga Ustaz Yusuf Mansur

Bertabur doa mengiringi postingan Yusuf Mansur pada Jumat (14/1/2022) itu.

Down For Life Dedikasikan Lagu Terbaru untuk Anak Berkebutuhan Khusus

Down For Life (DFL) mempersembahkan lagu terbaru berjudul Children of Eden untuk anak-anak berkebutuhan khusus (ABK).

Perempuan Menyatakan Cinta kepada Pria? Begini Caranya

Para perempuan tidak perlu khawatir untuk menyatakan cintanya lebih dulu karena akan membuka peluang hubungan yang romantis kepada pria.

Aktivis Yakin Terdakwa Kasus Asabri Takkan Dihukum Mati

Dalam laporan tersebut ICJR menyebut hukuman mati sama sekali tidak mempunyai dampak positif terhadap pemberantasan korupsi di suatu negara.

Begini Cara Membedakan Perasaan Jatuh Cinta atau Tertarik Sesaat

Ya, seringkali memang tak mudah membedakan apakah jatuh cinta atau hanya tertarik sesaat?