SOLOPOS.COM - Ilustrasi layanan BPJS di RSUD Moewardi (JIBI/Solopos/Dok)

Solopos.com, SOLO– Hari raya selalu dijadikan ajang untuk berkumpul dengan keluarga dan kerabat. Itu sebabnya sebagian besar orang ingin berada di tengah keluarganya saat Lebaran tiba. Begitu pula dengan orang-orang yang sedang menjalani perawatan di rumah sakit. Untuk itu beberapa rumah sakit pun memberikan kesempatan kepada pasiennya untuk cuti pulang saat Lebaran.

Salah satu rumah sakit yang memberikan kesempatan tersebut adalah Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Moewardi, Solo. Kepala Sub Bagian Hukum dan Humas RSUD dr. Moewardi, Elysa, mengatakan Minggu (27/7/2014) pihak rumah sakit masih melakukan pendataan siapa saja pasien yang ingin pulang saat lebaran.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Ada yang izin pulang dulu, setelah lebaran kembali lagi. Untuk jumlahnya kami belum memiliki rekapnya sebab hari ini masih pendaftaran,” ungkap dia saat dihubungi solopos.com, Minggu.

Menurut Elysa, izin pulang tersebut dibolehkan, sebab hal itu merupakan hak pasien. Sehingga meski bukan dalam rangka lebaran, izin tersebut juga dibolehkan.

“Hanya saja nanti tetap ada pembicaraan dengan dokter. Jika itu keinginan pasien, maka dalam keterangannya juga tertulis pulang atas permintaan pasien,” lanjut dia.

Sebelum pasien pulang, pihak rumah sakit pun akan memberikan edukasi kepada pasien tentang resiko yang kemungkinan dihadapi terkait kesehatannya, ketika pasien tersebut pulang dalam masa perawatan. Dengan begitu diharapkan pasien yang bersangkutan dapat memahami konsekwensinya.

Sementara itu Elysa mengatakan selama libur lebaran, RSUD dr. Moewardi tetap memberikan pelayanan. “Petugas kesehatan sudah dibuat sif seperti biasa,” terangnya. Begitu juga terkait jam besuk untuk pengunjung rumah sakit. Dia mengatakan tidak ada yang berbeda dengan jam besuk dari hari-hari pada umumnya. “Jam besuk tetap diatur seperti biasa,” lanjut dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya