SOLOPOS.COM - Suasana Bandara Ahmad Yani Semarang saat arus balik Lebaran, Senin (9/5/2022). (Solopos.com-Humas Bandara Ahmad Yani Semarang)

Solopos.com, SEMARANG — Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani di Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng), melayani sektar 75.080 penumpang selama arus mudik dan balik Lebaran 2022. Jumlah sebanyak itu terdiri dari 43.756 penumpang yang tiba di Bandara Ahmad Yani, dan sisanya, sekitar 31.324 penumpang berangkat.

Sementara itu, jumlah penumpang tertinggi saat arus mudik terjadi pada tanggal 29 April 2022, dengan jumlah mencapai 6.472 orang. Sementara, jumlah penumpang terbanyak saat arus balik terjadi pada Sabtu (7/5/2022), yakni mencapai 6.775 orang.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Arus balik penumpang kemungkinan masih akan terjadi pada hari ini [Senin, 9 Mei 2022]. Jumlah penumpang yang datang maupun berangkat pada 9 Mei 2022 diperkirakan berkisar 5.700 an orang,” ujar Stakeholder Relation Manager Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang, Heri Trisno Wibowo, dalam keterangan tertulis, Senin.

Ekspedisi Mudik 2024

Pihak otoritas Bandara Ahmad Yani Semarang melakukan antisipasi kenaikan jumlah penumpang pada libur Lebaran kali ini dengan membuka Posko Terpadu Angkutan Udara Lebaran 2022 selama 16 hari, yakni mulai 25 April hingga 10 Mei 2022. Selain itu, manajemen Bandara Ahmad Yani juga melakukan penyesuaian jam operasional menjadi pukul 07.00 WIB hingga 19.00 WIB.

Selain menyiagakan Posko Terpadu Angkutan Udara Lebaran dan penyesuaian jam operasional bandara, manajemen Bandara Ahmad Yani Semarang juga telah menyetujui extra flight, atau penambahan penerbangan sebanyak 6 rute. Keenam rute yang mendapat extra flight itu yakni rute Semarang-Banjarmasin PP, Semarang-Balikpapan PP, dan Semarang-Jakarta PP selama 1 bulan, mulai tanggal 20 April-20 Mei 2022.

Baca juga: Jelang Libur Akhir Tahun, Bandara Semarang Sediakan Rapid Test Antigen

Selain itu, pihak bandara juga menyediakan lima unit self-check in untuk lebih memudahkan proses check in para penumpang tanpa bagasi. Dengan sistem itu, maka antrean penumpang di konter-konter check in bisa berkurang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya