Ilustrasi rest area untuk pemudik Lebaran. (Solopos/Dok)

Solopos.com, SOLO -- Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Solo pada Lebaran tahun ini hanya akan membuka tiga rest area. Jumlah tersebut berkurang dibanding Lebaran tahun lalu yang berjumlah lima rest area.

Kepala Dishub Solo, Hari Prihatno, mengatakan sudah mempersiapkan strategi pembukaan rest area di beberapa lokasi strategis. Hari juga menjelaskan terdapat beberapa perubahan yang dilakukan Dishub Solo untuk persiapan rest area pada tahun ini.

Menurutnya, total rest area yang disiapkan Dishub Solo dikurangi untuk efektivitas rest area dan personel yang dikerahkan. “Ya memang sudah kami rencanakan tiga itu. Kami sudah berkoordinasi dengan bidang-bidang untuk mencari lokasi yang benar-benar dikunjungi pemudik. Rest area Bhayangkara sepi tahun lalu, jadinya tidak maksimal dan di Kerten juga tidak dipakai. Jadi dua lokasi tersebut tahun ini tidak ada rest area lagi. Kemarin ada lima sekarang tinggal tiga,” jelasnya kepada Solopos.com, Rabu (8/5/2019).

Meskipun terjadi pengurangan jumlah rest area, Hari memastikan akan ada peningkatan pelayanan di tiga lokasi rest area Dishub Solo. Hal ini lantaran beberapa personel yang sebelumnya ditempatkan di dua lokasi yang tidak digunakan lagi diperbantukan di tiga lokasi rest area tersisa.

“Tetap kami akan melakukan peningkatan pelayanan di rest area. Yang jelas personel kami yang sebelumnya di dua lokasi yang tidak digunakan itu akan kami perbantukan ke tiga lokasi lainnya,” imbuh dia.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Angkutan Dishub Solo Taufik Muhammad mengatakan pembangunan rest area akan dipusatkan di Jurug, Kadipiro, dan Jl. Adisucipto. Rest area akan dibuka mulai H-8 Lebaran.

Selain itu, Taufik menjelaskan akan terdapat peningkatan kapasitas dibandingkan tahun sebelumnya. “Kami sudah ada perencanaan untuk membangun rest area. H-8 kami mulai membuka. Untuk peningkatan kapasitas pasti akan kami lakukan dari yang sebelumnya hanya muat 10 orang, kali ini akan kami tingkatkan mampu menampung sekitar 15 orang untuk beristirahat,” bebernya.

Suharsih
Editor:
Suharsih

Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten

%d blogger menyukai ini: