SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SRAGEN — Pemkab Sragen mengerahkan 38 tenaga linmas di 19 perlintasan kereta api (KA) tanpa palang selama libur Lebaran. Honor mereka Rp100.000/orang/hari.

Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Sragen menggandeng pemerintah desa (pemdes) di tujuh kecamatan untuk menempatkan petugas linmas di 19 perlintasan kereta api (KA) tanpa palang selama masa mudik dan balik Lebaran 2019.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Sedikitnya 38 personel linmas disiagakan selama 24 jam dengan dua sif pada Senin-Sabtu (3-8/6/2019). Tujuh kecamatan yang terdapat perlintasan KA tanpa pintu palang terdiri atas Kecamatan Sidoharjo, Ngrampal, Gondang, Gemolong, Miri, Kalijambe, dan Masaran.

Para personel linmas tersebut akan mendapat honor Rp100.000 per orang per hari plus uang makan Rp25.000 per orang per hari. Penjelasan itu disampaikan Kepala Satpol PP Sragen Heru Martono saat ditemui Solopos.com di Markas Satpol PP Sragen, Jumat (31/5/2019) siang.

Heru menjelaskan personel linmas ditempatkan mulai H-2 hingga H+3 Lebaran 2019. “Prinsip penempatan personel diserahkan pada kebijakan Pemdes masing-masing yang memiliki perlintasan KA tanpa palang. Kami hanya memberi honor Rp100.000 per orang per hari dan uang makan Rp25.000 per orang per hari. Pemdes mau menempatkan berapa orang ya itu terserah Pemdes,” ujar dia.

Dia mengungkapkan anggaran personel linmas lebih besar dibandingkan kabupaten lain. Para petugas nanti berjaga selama 24 jam dengan dua sif. Pembagian sif diserahkan kepada kebijakan pemdes masing-masing.

Kabid Ketentraman Ketertiban Umum dan Linmas Satpol PP Sragen, Sujiyanto, menambahkan perlintasan KA tanpa palang ada di 19 lokasi. Pada tahun lalu jumlah perlintasan KA tanpa pintu palang sebanyak 24 lokasi.

“Jadi sejak diopersikan jalur ganda atau double track KA ada tiga perlintasan KA tak berpalang yang ditutup dan dua perlintasan diganti underpass oleh pihak PT Kereta Api Indonesia [KAI], yakni di Gondang dan Sine,” ujarnya.

Jumlah personel linmas yang ditunjuk Pemdes sudah disampaikan kepada Satpol PP Sragen. Dia menerangkan honornya mencapai Rp3,8 juta per hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya