SOLOPOS.COM - Paramedis puskesmas siap melayani masyarakat. (Nicolous Irawan/JIBI/Solopos)

Dinas Kesehatan DIY menyatakan masyarakat perlu mengantisipasi penyakit yang diprediksi merebak ketika libur lebaran

Harianjogja.com, JOGJA– Dinas Kesehatan DIY menyatakan masyarakat perlu mengantisipasi penyakit yang diprediksi merebak ketika libur lebaran adalah diare.

Promosi Sejarah KA: Dibangun Belanda, Dibongkar Jepang, Nyaman di Era Ignasius Jonan

Kepala Dinas Kesehatan DIY Pembayun Setyaningastuti menjelaskan meski kerap dipandang sepele, ia mengimbau kepada masyarakat untuk mewaspadainya.

“Diare biasanya, kalau banyak makanan, sosialisasi gizi seimbang, walaupun banyak daging tetap sayuran buah harus ada,” ujarnya, Selasa (20/6/2017).

Tak hanya itu, mantan Direktur RS Grhsia Pakem ini menyatakan, perlu diwaspadai pula penyakit bawaan oleh pemudik dari luar DIY yang masuk ke DIY. Salahsatunya penyakit Malaria seperti yang terjadi pada tahun sebelumnya.

Guna mengantisipasi penyakit tersebut, ia menyarankan perlu pengaktifan kembali pendataan bagi warga atau tamu yang datang ke perkampungan.

“Penyakit bawaan, kemarin [lebaran tahun sebelumnya] di Kulonprogo, Malaria juga ada. Bawaan dari luar,” katanya.

Imbauannya setiap masyarakat naik yang masuk maupun keluar itu harusnya didata, kalau dia kan ada ketentuan di masyarakat bahwa 2x 24 jam lapor itu supaya mendeteksi. Nanti kita lihat kasusnya kalau meningkat berarti kasus yang bukan dari asalnya maka itu bawaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya