SOLOPOS.COM - Aktivitas di Kantor Pegadaian Ponorogo Jl. Diponegoro No. 2 Mangkujayan, Ponorogo, Selasa (13/6/2017). (Abdul Jalil/JIBI/Madiunpos.com)

Lebaran 2017, menjelang Idulfitri warga Ponorogo ramai-ramai menebus barang gadai di Pegadaian.

Madiunpos.com, PONOROGO — Menjelang Lebaran 2017, masyarakat Ponorogo ramai-ramai menebus perhiasan yang digadaikan di PT Pegadaian (Persero). Selain tren menebus barang gadaian, juga ada tren menggadai barang untuk memenuhi kebutuhan saat Lebaran.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Kepala Pegadaian Ponorogo, Budi Santoso, mengatakan fenomena tebus barang gadai memang sudah menjadi tren tahunan. Menjelang perayaan hari raya Idul Fitri, banyak warga yang berbondong-bondong ke Pegadaian.

Dia menuturkan untuk warga yang menebus barang gadai biasanya hendak ingin tampil berbeda dengan perhiasan yang sebelumnya digadaikan. Namun, biasanya setelah Lebaran barang itu kembali digadaikan kembali.

“Ini menjadi tren tahunan. Tidak hanya yang menebus saja, tetapi juga banyak warga yang menggadaikan barang,” jelas dia kepada wartawan di Kantor Pegadaian Ponorogo, Selasa (13/6/2017).
Budi menuturkan untuk barang yang digadai saat Lebaran, biasanya uang hasil gadai itu digunakan untuk membeli kebutuhan pokok.

Untuk barang yang digadaikan maupun ditebus sebagian besar perhiasan seperti gelang, kalung, cincin, dan lainnya.

Dari Januari hingga 31 Mei 2017, ujar Budi, Pegadaian Ponorogo telah menyalurkan uang ke masyarakat senilai Rp65 miliar. “Iya selama 2017 ini, data sampai 31 Mei, kami sudah menyalurkan Rp65 miliar,” kata dia.

Deputi Bisnis Pegadaian Madiun, Hijroh Puranto, menambahkan pada Lebaran tahun ini Pegadaian juga membuka layanan penitipan barang berharga. Penitipan ini supaya warga bisa tenang saat liburan Lebaran.

“Barang yang bisa dititipkan mulai laptop, sepeda motor, mobil, dan lainnya. Untuk masing-masing barang ada tarifnya sendiri-sendiri,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya