SOLOPOS.COM - Walikota Jogja, Haryadi Suyuti (JIBI/Harian Jogja/dok)

Lebaran 2017 diharapkan tidak menjadi ajang aji mumpung

Harianjogja.com, JOGJA — Wali Kota Jogja Haryadi Suyuti mengimbau pelaku usaha tidak memanfaatkan libur lebaran untuk mencari keuntungan yang tidak wajar karena bisa merusak citra Kota Jogja.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Saya ingatkan jangan aji mumpung,” kata Haryadi dalam acara buka puasa bersama awak media di RM.Soeharti, Jumat (16/6/2017).

Haryadi mengungkapkan beberapa persoalan yang sering terjadi di Kota Jogja setiap kali menghadapi liburan panjang. Di antaranya keluhan soal parkir dan ‘nutuk menutuk’ wisatawan terutama di pusat-pusat keramaian seperti di Malioboro. Ia berharap kejadian itu tidak terjadi selama liburan kali ini.

Ia mengaku akan mengerahkan semua jajarannya untuk menjaga keamanan selama masa liburan lebaran. “Jangan mengelabuhi wisatawan dengan menaikkan harga seenaknya. Mari kita layani wisatawan dengan ramah,” ujar Haryadi.

Haryadi mengajak masyarakat Jogja untuk sama-sama melayani sanak saudara yang pulang kampung dan wisatawan yang libur ke Jogja dengan ramah. Ia meminta maaf kepada pemudik dan wisatawan karena selama libur lebaran akan ada sejumlah rekayasa lalu lintas, sehingga arus lalu lintas sedikit tersendat. Hal itu semata-mata dalam rangka memperlancar arus lalu lintas.

Pemerintah Kota Jogja bersama kepolisian dan TNI akan berupaya menjaga keamanan dan kenyamanan wisatawan di Jogja. Ia berharap dala liburan panjang ini dapat memberikan kesan positif bagi wisatawan, bukan sebaliknya. Karena itu pelayanan terbaik harus dilakukan.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Jogja, Wirawan Hario Yudo menyatakan selain rekayasa lalu lintas di beberapa ruas jalan, pihaknya melarang mobil material bangunan melintasi wilayah Kota jogj mulai H-7sampai H+7 lebaran. Larangan serupa jug diberlakukan untuk mobil barang mulai H-4 sampai H+3 lebaran, “Kecuali mobil membawa sembako dan bahan bakar minyak.” kata Wirawan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya