SOLOPOS.COM - Kondisi arus lalu lintas di Simpang Empat Kartasura ramai lancar pada sehari menjelang Lebaran atau H-1 Lebaran, Kamis (16/7/2015). (Bony Eko Wicaksono/JIBI/Solopos)

Lebaran 2017, volume kendaraan di bundaran Kartasura Sukoharjo meningkat, polisi telah disiagakan mengantisipasi kemacetan.

Solopos.com, SUKOHARJO–Volume kendaraan bermotor yang melewati Bundaran Kartasura Sukoharjo meningkat sekitar 11 persen pada lima hari menjelang Lebaran atau H-5 Lebaran. Kendaraan bermotor didominasi mobil pemudik berpelat nomor asal Jakarta dan Bandung.
Kondisi arus lalu lintas dari arah Jogja-Solo maupun sebaliknya ramai lancar. Mobil pribadi berpelat B, D, serta A mendominasi arus lalu lintas yang melewati Bundaran Kartasura menuju arah Solo dan Jawa Timur. Sebagian bus yang mengangkut para pemudik juga terlihat berseliweran di jalur arus mudik dan balik Lebaran.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Petugas telah disiagakan di setiap pos pengamanan (Pospam) Operasi Ramadniya Candi 2017. Di wilayah Kartasura terdapat beberapa Pospam Lebaran yakni eks Terminal Kartasura dan depan Goro Assalam Hypermarket. Selama ini, jalur Bundaran Kartasura hingga Simpang Empat Kartasura kerap terjadi kemacetan arus lalu lintas.

Kasatlantas Polres Sukoharjo, AKP Finan Sukma Radipta, mewakili Kapolres Sukoharjo, AKBP Ruminio Ardano, mengatakan peningkatan volume kendaraan bermotor yang melewati Bundaran Kartasura terjadi sejak Selasa (20/6/2017) dini hari. “Ada peningkatan volume kendaraan bermotor dari arah Jogja-Solo sekitar 11 persen. Namun, kondisi arus lalu lintas masih lancar,” kata dia, saat dihubungi Solopos.com, Selasa.

Kendaraan bermotor didominasi mobil pribadi milik pemudik yang pulang ke kampung halaman. Volume kendaraan bermotor diperkirakan bakal meningkat terus menerus setiap hari hingga mendekati Lebaran. Terlebih, akses jalan tol Solo-Kertosono (Soker) di Ngasem dan Klodran, Colomadu, Karanganyar telah dibuka guna mendukung kelancaran arus mudik Lebaran. Selain sekitar Bundaran Kartasura, petugas bakal disiagakan di sepanjang Jl. Solo-Wonogiri mulai dari Simpang Empat Jl. Ciu hingga Nguter. Biasanya, terjadi kemacetan panjang lantaran penumpukan kendaraan bermotor menuju Wonogiri atau Pacitan, Jawa Timur. “Rekayasa lalu lintas sudah disiapkan dan petugas bakal turun lapangan apabila terjadi kemacetan arus lalu lintas,” papar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya