SOLOPOS.COM - Teknisi memeriksa perangkat pada Compact Mobile Base Transceiver (Combat) atau yang disebut Base Tranceiver Station (BTS) mobile. Unit ini akan menjadi pendukung kelancaran telekomunikasi seluler pada masa musim mudik dan balik Lebaran mendatang. (JIBI/Bisnis Indonesia/Paulus Tandi Bone)

Lebaran 2017 bakal dilayani maksimal oleh Telkom Jateng-DIY yang menyatakan komitmen siaga 24 jam.

Semarangpos.com, SEMARANG — PT Telkom Regional IV Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta menyiagakan posko pusat operasional terintegrasi selama 24 jam sepanjang musim mudik Lebaran 2017 demi mengantisipasi lonjakan pemakaian data Internet dan telekomunikasi lainnya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Petugas disiapkan 24 jam untuk memonitor kondisi lalu lintas data internet, termasuk jika ada gangguan yang dialami pelanggan,” kata Executive Vice President Telkom Regional IV Joko Raharjo di Kota Semarang, Selasa (20/6/2017).

Pematauan itu, menurut dia dilakukan personel posko melalui Integrated Operation Center di lantai IV Kantor Telkom Regional IV di Kota Semarang. Seluruh gangguan yang dialami pelanggan, termasuk meningkatnya pengguna Telkomsel yang masuk ke wilayah Jateng dan DIY, dapat terpantau.

“Kalau sudah mulai ada peningkatan, nanti di layar dapat terlihat perubahan warna dari hijau menjadi merah,” katanya.

Hingga sepekan sebelum Lebaran 2017, kata dia, seluruh pekerjaan jaringan sudah dihentikan.

Hal tersebut, kata dia, salah satunya untuk mengantisipasi adanya dampak terhadap layanan jaringan kepada pelanggan.

Ia mengatakan untuk posko pusat operasional itu juga dipastikan tidak akan mengalami gangguan, khususnya jika terjadi pemadaman listrik. “Siaga digital siap 24 jam, termasuk ‘back up’ listrik,” katanya.

Sepekan menjelang Lebaran 2017, kata dia, sudah terjadi peningkatan lalu lintas data Internet, namun belum signifikan. Menurut dia, kenaikan lalu lintas data selama Lebaran diperkirakan mencapai 30 persen dibandingkan dengan tahun lalu.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya